Mother&Baby Indonesia
Panduan Nyaman Bermain di Mal untuk Anda dan Anak

Panduan Nyaman Bermain di Mal untuk Anda dan Anak

Mal masa kini sudah menjadi ajang rekreasi keluarga. Jadi, tidak heran jika saat ini mal banyak yang dilengkapi dengan arena bermain untuk anak-anak.

Agaknya, pengelola mal menyadari bahwa masyarakat kota besar membutuhkan sarana one stop place untuk melakukan segala kegiatan. Ya belanja, makan, dan jalan-jalan.

Tapi fasilitas itu ternyata belum cukup, semua mal kini melengkapi dirinya dengan arena bermain untuk anak-anak. Tempat bermain yang nyaman tentu saja akan membuat Si Kecil senang. 



Namun, walaupun sebagian besar mal sudah memiliki arena bermain yang dikhususkan untuk anak, Moms tetap perlu memerhatikan beberapa hal penting untuk keamanan dan kenyamanan Si Kecil selama bermain.

Sebelum Anda dan keluarga memilih arena bermain di mal, sebaiknya Moms perhatikan hal-hal berikut terlebih dahulu sebagai panduan agar anak nyaman bermain di mal buat anak.


1. Lokasi

Lokasi mal yang strategis, apalagi jika cukup mudah dijangkau dari tempat tinggal, mungkin bisa menjadi pertimbangan utama Anda. Jika lokasinya dekat, Anda dan Si Kecil tentunya tidak perlu menghabiskan waktu lama dan energi banyak untuk mencapai tempat tersebut.


2. Jenis Wahana Permainan

Arena bermain yang baik biasanya menyiapkan papan petunjuk di setiap wahana. Papan petunjuk itu seharusnya berisi informasi mengenai aturan bermain, batas minimum tinggi badan atau usia pengguna wahana, dan harga tiket.

Nah, perhatikan baik-baik petunjuk tersebut dan aturan permainannya. Misalnya, jika Si Kecil harus didampingi, temani ia saat bermain atau jika di arena permainan Si Kecil harus memakai kaus kaki, sediakan sejak dari rumah.




3. Fasilitas Tambahan

Sehabis bermain, Si Kecil mungkin lelah dan butuh istirahat. Energi yang terkuras, mungkin saja membuatnya lapar. Jadi, perhatikan di mana lokasi fasilitas tambahan berada.

Cari tahu di mana tempat duduk untuk Anda menunggu dan Si Kecil beristirahat, serta toilet dan tempat makan, agar Anda bisa segera memenuhi kebutuhan Si Kecil.


4. Sarana Kesehatan

Perhatikan dengan baik, apakah arena bermain itu menyediakan fasilitas kesehatan untuk keadaan darurat. Dan, apakah petugas pengawas di arena permainan cukup banyak sehingga Anda dan Si Kecil bisa dengan mudah meminta bantuan dan petunjuk dari mereka.


5. Kebersihan dan Keamanan

Sebelum Anda dan Si Kecil masuk ke arena permainan, coba cek terlebih dahulu, apakah tempat bermain itu bersih? Apakah tong sampah mudah ditemui dan petugas kebersihan selalu berkeliling untuk membersihkan arena?

Perhatikan pula keamanan di arena maupun keamanan alat permainan. Biasanya, pengelola mengecek keamanan secara berkala, tetapi ada baiknya jika Anda memerhatikannya, Moms. Anda kan jadi bisa memberi masukan kepada pengelola arena permainan tersebut, jika ada sesuatu yang dirasakan perlu untuk diperbaiki atau dinilai kurang layak kebersihan dan keamanannya.

Oh ya, jangan lupa juga Moms, meskipun Si Kecil punya tempat bermain, tetap dampingi ia selalu saat berkegiatan. Bagaimanapun juga bimbingan Anda akan membuat Si Kecil merasa aman dan nyaman saat bermain. Selamat bermain untuk Anda dan anak, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   anak,   balita,   mal,   main di mal