Mother&Baby Indonesia
6 Trik agar Anak Semangat Sekolah

6 Trik agar Anak Semangat Sekolah

Moms pasti setuju bahwa sekolah merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup Si Kecil. Sekolah menjadi salah satu sarana belajar berbagai macam pelajaran, mulai dari pelajaran eksakta dan sains hingga keterampilan hidup, seperti kemampuan beradaptasi dan bersosialisasi.

Namun, tak jarang bersekolah juga menjadi momok tersendiri bagi Si Kecil, sehingga ia jadi malas bersekolah. Duh, Moms pasti bingung kalau Si Kecil sudah begini.

Menurut dr. Andyda Meliala, Pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini dan Founder Resourceful Parenting Indonesia, mental semangat sekolah perlu digodok agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi berkualitas dan berguna bagi sesama.




Trik agar Anak Semangat Sekolah

Di acara diskusi media “Dukung Semangat Si Kecil Sekolah dengan Nutrisi Seimbang” pada tanggal 4 Juli kemarin, dr. Andyda membagikan beberapa trik agar anak semangat untuk pergi ke sekolah. Ini beberapa trik yang bisa Anda lakukan, Moms.

1. Bawa Si Kecil berkunjung ke sekolah sebelum waktu masuk tiba. Jelaskan berbagai macam hal menarik yang akan ia lakukan di sekolah tersebut, dan kenalkan fasilitas-fasilitas menarik yang ada di sekolah tersebut. Ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan antusiasme untuk bersekolah pada Si Kecil.

2. Berkenalan dengan guru-guru yang akan mengajar. Hal ini akan mendorong terciptanya rasa percaya pada sekolah, sehingga Si Kecil dapat lebih mudah menyukai sekolah dan segala kegiatannya.



3. Siapkan perlengkapan sekolah bersama-sama. Ajak Si Kecil untuk memilih tas sekolah, sepatu sekolah, tempat pensil, serta berbagai perlengkapan sekolah lainnya. Ini dapat memupuk antusiasme Si Kecil untuk bersekolah.

4. Bangun percakapan positif soal sekolah. Jangan takut-takuti Si Kecil dengan berbagai kesulitan ataupun tantangan yang akan ia alami di sekolah. Jelaskan berbagai hal menarik soal belajar bersekolah, seperti akan bertemu dengan teman baru, belajar membaca bersama teman, dan sebagainya.

5. Pastikan waktu tidur cukup. Bila waktu tidur kurang, tentu saja ia akan kekurangan energi untuk bersekolah dan jadi tidak bersemangat.

6. Penuhi kebutuhan gizi sehat dan seimbang. Tanpa gizi yang mencukupi, pertumbuhan dan perkembangannya tentu akan terganggu. Masalah kesehatan yang muncul dapat menghambatnya bersekolah.

Di samping itu, kepenuhan gizi sehat dan seimbang tidak bisa dianggap sekadar pelengkap saja. Di acara yang sama, dr. Nurut Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Dokter Spesialis Gizi Klinis, menyatakan pentingnya gizi pada kegiatan bersekolah Si Kecil. “Nutrisi seimbang merupakan dasar kesiapan fisik anak untuk menerima stimulasi dan pendidikan di sekolah. Untuk itu, dalam menjaga semangat di hari pertama sekolah, peran orang tua sangat penting untuk memastikan bahwa anak telah mendapatkan asupan nutrisi seimbang dalam pola makan sehari-hari,” kata dr. Nurul. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: sekolah,   anak,   semangat sekolah