Home - Rekomendasi - Hiburan & Liburan / 19 Juli 2019 / Redaksi

Rekomendasi 4 Area Glamping untuk Keluarga

Moms, ada rencana apa untuk keluarga Anda weekend ini? Mau kamping dengan Si Kecil tapi tidak mau repot? Jangan khawatir Moms, karena saat ini banyak perkemahan yang menawarkan kenyamanan ala hotel, tanpa menghilangkan kesan petualangan yang seru alias glamping (glamour camping).

Kamping di alam terbuka bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan berharga bagi anak-anak. Bayangkan! Mereka pasti larut dalam keseruan ketika mendapat kesempatan menghirup udara segar pegunungan, melihat langsung satwa liar, bermain air di sungai, mendaki gunung, memandangi bintang, dan bermalam di tenda.

Namun kegiatan kamping yang umumnya minim fasilitas dan hanya memanfaatkan kondisi alam, tentu memiliki lebih banyak tantangan. Walaupun begitu, bukan berarti Anda dan Si Kecil tidak bisa menikmati sensasi tidur di alam terbuka dengan tenda. Saat ini sudah banyak perkemahan yang dikelola dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengunjungnya.



Anda tidak perlu lagi bersusah payah membawa peralatan berkemah. Semua keperluan berkemah sudah disediakan oleh pengelola perkemahan mulai dari tenda yang sudah didirikan, sleeping bag, matras, lampu tenda, hingga makan dan minum. Bahkan kegiatan selama berkemah pun sudah diatur oleh pengelola.

Bagi Moms yang ingin mengajak Si Kecil menikmati petualangan di alam bebas dengan tetap menjaga kenyamanan, berikut M&B memberikan sejumlah rekomendasi tempat glamping untuk Anda dan keluarga.


1. Tanakakita, Sukabumi

Tanakita berada di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Anda cukup mengarahkan kendaraan pribadi atau transportasi umum ke arah Situ Gunung, Sukabumi. Di Tanakita, Moms dan keluarga bisa merasakan sensasi glamping dengan fasilitas yang lengkap mulai dari kasur, sambungan listrik, kasur, kamar mandi, makanan, dan lain sebagainya.

Sambil kamping, Anda bisa menikmati pemandangan wilayah Sukabumi, Bogor, dan sekitarnya. Bosan hanya duduk sambil menikmati alam? Moms juga bisa lho, melakukan aktivitas menantang seperti trekking di tengah hutan, mencoba wahana permainan ketinggian (highrope), termasuk flying fox, lantas jalan ke air terjun, menikmati serta menjelajah Danau Situ Gunung dengan perahu karet. 


2. Grafika Cikole, Lembang

Perkemahan ini berlokasi di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat kamping yang didesain untuk keluarga ini menyediakan tenda jenis dome charlie dan tenda VIP berkapasitas 4 orang. Jangan khawatir tenda yang Anda tempati akan terbawa angin dan basah karena air hujan atau embun karena tenda-tenda tersebut sudah dialasi dengan papan yang dipasang pada cor semen dan diikat kuat.

Bagi Moms dan keluarga, sudah disiapkan sleeping bag, satu ikat kayu bakar, jagung mentah yang bisa Anda bakar di api unggun, toilet, serta fasilitas listrik. Kabut dan hawa sejuk menjadi ciri khas suasana perkemahan ini karena berlokasi di kaki gunung dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut.



Untuk kegiatan outdoor, Anda dan Si Kecil bisa menikmati jungle tracking sambil melihat kebun tomat, cabai, mawar, dan mengunjungi rumah budidaya jamur. Di tempat ini juga ada penangkaran rusa lho, Moms. Selain itu, fasilitas outbond-nya juga cukup lengkap dan dibedakan untuk pengunjung dewasa dan anak-anak.


3. Baliwoso Camping Site, Bali

Perkemahan ini terletak sekitar 1 km dari pusat Desa Pengotan, Bali. Untuk menuju lokasi perkemahan, Anda harus melewati ladang-ladang milik warga desa. Namun kesulitan menuju lokasi perkemahan akan terbayar dengan keasrian berbagai jenis tanaman di Baliwoso. Lokasi ini berada di ketinggian 800 meter hingga 1.100 meter dari permukaan laut.

Tersedia 10 tenda berukuran 4x7 meter di Baliwoso. Setiap tenda dapat digunakan antara 8 hingga 10 orang. Jangan lupa bawa jaket atau baju hangat untuk Si Kecil sebab pada malam hari udara cukup dingin, terutama pada musim penghujan.


4. Rancabali Lake Side, Ciwidey

Jawa Barat memang memiliki banyak area glamping. Di Bandung, khususnya Ciwidey, terdapat tempat yang bernama Rancabali Lake Side. Di tempat ini, pengunjung bisa merasakan keseruan menginap di tengah perkebunan teh dengan pemandangan Danau Situ Patenggang.

Suasana sejuk dan tenang khas perkebunan bisa dirasakan saat menginap di glamping Rancabali Lake Side, Ciwidey. Moms, bisa memilih beberapa tipe penginapan seperti Lakeside Tent, Family Tent, dan tenda Dome Camping Ground Family Adventure. Setiap lokasi menawarkan pengalaman yang berbeda. Misalnya, Lakeside Tent berada di tepi danau.

Selain berkemah, Moms dan Si Kecil juga bisa menikmati aktivitas berkeliling naik perahu di Situ Patenggang, berburu pemandangan matahari terbenam, berendam air panas di Kawah Rengganis, menuju Batu Cinta yang punya kisah dan mitos terkenal, serta bersantap di Phinisi Resto yang berbentuk kapal. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Liburan Seru ke Tiga Negara Naik Kapal Pesiar

Serunya Staycation Sambil Bermain Air

Disney On Ice: Pertunjukan Edukatif Nan Sarat Moral

OTHER ARTICLES

Manfaat Corat-Coret untuk Perkembangan Anak

Bayi Kena Heatstroke, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Waxing?

Kembali Bekerja Usai Melahirkan, Lakukan Ini, Moms

Apa Dampak Kekurangan Vitamin D saat Hamil?