Mother&Baby Indonesia
Moms Harus Tahu! Ini Bedanya Probiotik dan Prebiotik

Moms Harus Tahu! Ini Bedanya Probiotik dan Prebiotik

Berbagai penelitian telah menemukan pentingnya probiotik bagi manusia, salah satunya adalah menjaga sistem pencernaan dari gangguan diare atau konstipasi. Menurut dr. Muzal Kadim, SpA(K), fungsi probiotik untuk kesehatan terbukti dari penduduk Bulgaria yang berumur paling panjang di antara penduduk negara lain.

Kok bisa ya? Disinyalir karena mereka pengonsumsi yoghurt nomor satu di dunia. Probiotik memang banyak ditemukan dalam yoghurt. Dr. Muzal juga menambahkan bahwa probiotik bisa digunakan untuk meredakan kolik pada bayi.

Kolik membuat bayi menangis tanpa henti, paling tidak selama 3 jam per hari, 3 hari seminggu, dan biasanya berlangsung selama 3 minggu. Tanda-tanda umum ini dikenal sebagai gejala kolik serba tiga.



Suatu penelitian menyebutkan kolik dialami sekitar 28 persen bayi baru lahir. Berbagai teknik terkini untuk mengatasi kolik pun terus diteliti, salah satunya dengan memanfaatkan probiotik. Berdasarkan sebuah penelitian di Italia, dalam waktu seminggu setelah pemberian cairan yang mengandung lactobacillus reuteri protectis (salah satu tipe probiotik), tangisan bayi yang mengalami kolik bisa dikurangi hingga 74 persen lho, Moms!

Setelah tiga minggu, tangisan bayi tersebut berkurang hingga 35 menit per hari. Dalam feses Si Kecil juga ditemukan pengurangan jumlah bakteri Escherichia coli yang berbahaya.

“Probiotik bisa mengurangi gas dan meningkatkan pola gerakan usus. Jadi memberi asupan probiotik di usia dini dan memelihara keberadaannya di dalam tubuh adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan bayi,” ujar Leo A. Heitlinger, M.D., dokter spesialis anak bagian gastroenterologi dari Bethlehem, Pennsylvania.

Sumber probiotik yang terbaik bagi bayi adalah ASI. Maka, ketika bayi (terutama yang berusia di bawah 6 bulan) mengalami kolik, segera susui Si Kecil dengan ASI ya, Moms.




Beda Probiotik dengan Prebiotik

Walau dua nama ini terdengar serupa, namun ternyata probiotik dan prebiotik memiliki arti dan fungsi yang berbeda lho, Moms.

Probiotik

Ini lebih sering disebut dengan bakteri baik atau mikroorganisme hidup yang secara alami berada di usus. Menurut lama Prebiotin.com, probiotik tercipta secara alami dari proses fermentasi makanan, seperti yoghurt, kimchi, dan lainnya. Fungsinya banyak, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh, kesehatan pencernaan, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan Si Kecil. 

Prebiotik

Ini adalah serat makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Serat prebiotik masuk ke saluran usus kecil dalam kondisi tidak tercerna, dan kemudian difermentasikan ketika memasuki usus besar. Fungsinya sebagai suplemen yang tepat untuk menstimulasi pertumbuhan mikoorganisme baik di sistem pencernaan Anda. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: probiotik,   prebiotik,   nutrisi,   pencernaan