Home - Nutrisi - Nutrisi / 10 Juli 2019 / Redaksi

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian? Ini Penjelasannya

Durian merupakan salah satu buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Aromanya yang menyengat dan rasanya yang sangat lezat menjadikan durian yang dijuluki sebagai king of fruit atau raja buah ini sebagai favorit dan kegemaran banyak orang, termasuk Anda mungkin, Moms.

Tapi bagaimana jika Anda masih menyusui bayi Anda? Apalagi jika ternyata Anda adalah penggemar durian. Kita kerap mendengar orang-orang berkata bahwa durian tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Lantas bagaimana dengan ibu menyusui?

Tentunya sering muncul pertanyaan dalam diri Anda yang tengah menyusui Si Kecil, bolehkah ikut merasakan nikmatnya makan buah ini? Moms mungkin saja merasa khawatir dengan pengaruhnya terhadap ASI dan kesehatan Si Kecil jika Anda makan durian.




Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian?

Durian kaya akan serat, vitamin B kompleks, dan sejumlah mineral penting. Buah ini juga tidak memiliki kolesterol atau lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan, seperti yang dikatakan banyak orang.

Jadi, berbicara tentang keamanan mengonsumsi durian untuk ibu menyusui, sebenarnya tidak ada masalah. Moms yang tengah menyusui dan gemar makan durian aman-aman saja memakan buah ini.

Durian juga tidak memiliki pengaruh buruk terhadap kualitas ASI dan kesehatan bayi Anda. ASI yang jadi makanan terbaik untuk tumbuh kembang bayi bersifat steril, sehingga tidak akan berpengaruh jika Moms makan durian dan menyusui Si Kecil. Jadi, Anda jangan malah berhenti menyusui bayi untuk sementara setelah makan durian. Tetaplah menyusui seperti biasa ya, Moms.


Yang Perlu Diperhatikan

Seperti telah disebutkan di atas, kalau Moms yang menyusui ingin makan durian, silakan makan. Tidak ada larangan tertentu bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi durian. Namun, Anda diminta makan secukupnya. Buat Anda yang penggemar durian, harap jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan durian mengandung kalori dan gula yang tinggi. Dalam jumlah yang cukup keduanya bisa bermanfaat sebagai suplai energi. Tapi jika berlebihan, keduanya akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Tentunya ini akan berefek pada pertambahan berat badan Anda dan kadar gula darah dalam tubuh.



Selain itu, konsumsi durian yang berlebihan akan menyebabkan masalah pada saluran pencernaan di tubuh, seperti perut kembung dan sesak, akibat menumpuknya gas dalam lambung. Hal ini tentunya akan membuat Moms merasa kurang nyaman dengan tubuh. Nah, ketidaknyamanan ini dikhawatirkan akan mengurangi mood Anda dalam menyusui Si Kecil.


Manfaat Durian bagi Tubuh

Ada sejumlah manfaat yang justru bisa diperoleh ibu menyusui dari mengonsumsi durian, antara lain:

1. Durian mengandung antioksidan yang bisa membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh Anda.

2. Serat dalam durian membantu proses pencernaan serta menjaga kadar kolestrol dan kesehatan jantung.

3. Durian mengandung kalium yang membantu proses metabolisme yang menjaga kepadatan otot dan tulang serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Durian kaya vitamin dan protein yang penting bagi ibu menyusui.

Jadi, bagi Moms penggemar durian yang tengah menyusui bayi, tidak usah ragu untuk menikmati buah ini. Tapi, harap diingat, kuncinya adalah makan secukupnya, tidak berlebihan. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Kandungan ASI Sesuai Jenis Kelamin

Nutrisi Ibu Menyusui

Super Booster Ibu Menyusui

OTHER ARTICLES

Cegah Alergi dengan Jaga Kebersihan Udara di Rumah

Tips Memilih dan Mengonsumsi Susu UHT yang Aman

Ini Alasan Bayi Baru Lahir Jangan Langsung Dimandikan

Balita Bersikap Bossy? Ini yang Moms Harus Lakukan

Rekomendasi 4 Area Glamping untuk Keluarga