Mother&Baby Indonesia
Tips Memilih Buah yang Matang

Tips Memilih Buah yang Matang

Saat membeli buah, Anda tentu menginginkan yang kualitasnya bagus dan tentunya matang. Sayang, tidak semua penjual jujur memberitahu kondisi buah yang sebenarnya sehingga terkadang Anda dibuat kecewa dengan kondisi buah yang dibeli.

Namun jangan khawatir, Moms. Tips berikut ini akan mempermudah Anda dalam memilih buah dengan kondisi yang diinginkan.




Apel


Pilih apel yang masih harum, kulit yang mulus, dan berwarna cerah tanpa adanya bercak. Anda juga bisa mengetuk buah menggunakan jari. Jika suara ketukan cukup nyaring, maka buah ini masih kaya air dan biasanya bertekstur renyah.


Pisang


Pisang yang berwarna kuning, menandakan bahwa buah sudah matang dan siap dikonsumsi. Pisang yang berwarna hijau akan membutuhkan beberapa waktu sebelum bisa dikonsumsi. Jika Anda tidak berniat untuk langsung menghabiskan pisang tersebut, ada baiknya Anda memilih yang masih hijau. Satu hal yang pasti, jangan menyimpan pisang di dalam kulkas karena bisa membuatnya lebih cepat menghitam.


Anggur


Pilih anggur yang memiliki tekstur padat, tidak mengerut, dengan warna yang masih pekat dan tidak pucat, tanpa lubang, serta masih melekat pada tangkainya. Jangan memilih anggur yang sudah lengket, sudah lepas dari tangkainya, atau berbintik-bintik keputihan yang menandakan sudah adanya paparan jamur.


Jeruk


Pilih jeruk yang memiliki kulit halus, pori-pori yang terlihat jelas, dan berbau harum. Jika perlu, kita bisa menancapkan kuku ibu jari pada bagian tengah jeruk. Apabila bagian ini sudah lunak, jeruk biasanya sudah matang.


Alpukat




Buah alpukat yang kulitnya masih cerah biasanya belum matang. Alpukat yang sudah matang akan terasa lembut saat digenggam. Saat memilihnya, Moms bisa mengguncangnya. Jika Anda bisa merasakan bijinya bergoyang di dalam, maka buah ini sudah matang. Satu hal lagi, jangan memilih alpukat yang kulitnya sudah terlalu gelap, lembek, dan juga sudah penyok.


Pepaya


Pilih pepaya yang memiliki warna hampir oranye dan kemerahan. Kulit pepaya yang mulus atau sedikit memiliki bintik gelap juga masih boleh untuk dipilih. Biasanya, pepaya dengan ciri ini memiliki rasa yang manis dan segar.


Semangka


Pilihlah semangka yang tangkainya sudah kering dan mudah lepas. Selain itu, pilih semangka yang saat diketuk tidak berbunyi nyaring karena menandakan kandungan air yang masih banyak. Anda juga bisa memilih semangka dengan warna kulit yang tidak pucat, memiliki garis warna yang tegas, dan batang yang keriting. Pilihlah juga, semangka yang memiliki tanda lingkaran kecil di bagian bawahnya.


Nanas


Nanas yang sudah matang biasanya memiliki bentuk yang cenderung gemuk dengan aroma yang kuat. Pilihlah warna nanas yang kuning keemasan dengan daun yang masih hijau, bukan yang sudah layu. Selain itu, pilih nanas yang daunnya bisa dipetik di bagian atasnya dengan mudah.


Mangga


Agak susah memilih buah mangga dari warnanya. Mangga yang kulitnya berwarna hijau juga bisa berarti buah tersebut sudah matang, sebaliknya mangga dengan kulit berwarna oranye juga bisa terasa asam. Sebaiknya jangan bergantung pada warna saat memilih mangga. Salah satu cara yang cukup efektif dalam memilih mangga adalah dengan memijit buahnya. Jangan pilih yang keras karena sudah pasti buah masih mentah. Di sisi lain, buah yang lembek artinya sudah terlalu matang dan cenderung hampir busuk. Selain itu, menghirup aromanya bisa juga dijadikan patokan untuk mengetahui apakah mangga tersebut manis atau tidak. Hindari mangga yang kulitnya berkerut, karena tandanya belum matang saat dipetik. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: buah,   memilih buah,   buah matang,   nanas,   alpukat,   jeruk,   semangka,   mangga