Home - Kesehatan - Gaya Hidup Sehat / 8 Juli 2019 / Redaksi

6 Bahan Obat Alami dari Dapur Ibu

“Sebagian bahan alami itu tidak memiliki bukti ilmiah dapat menyembuhkan. Tetapi tidak ada salahnya mencoba bahan-bahan alami sebagai obat, karena bahan alami nyaris tidak memiliki efek samping,” ujar Profesor Edzard Ernst, ahli pengobatan alternatif dari Peninsula Medical School. Nah, Moms mau coba bahan alami sebagai obat untuk Si Kecil? Coba beberapa bahan yang pasti tersedia di dapur Anda yuk, Moms.


1. Beras

Nasi putih adalah obat tradisional untuk diare. Cara membuat obat ini pun mudah saja, Anda cukup memasak beras hingga menjadi nasi yang lunak. Lalu, suapi anak yang sedang sakit diare. 



“Nasi memberi energi dan gizi yang besar, yang dapat menggantikan semua gizi yang terbuang karena diare,” jelas Prof. Ernst.


2. Oatmeal

Gatal karena cacar air, alergi, eksim, atau kulit kering karena terbakar matahari dapat diredakan dengan oatmeal lho, Moms! Cara penggunaannya gampang, begini caranya:

1. Ambil segenggam oatmeal dan bungkus dengan kain kasa bersih, ikat dengan kuat.

2. Celupkan bungkusan ke dalam air hangat untuk mandi Si Kecil.


3. Telur

Telur ternyata dapat menyembuhkan memar, bengkak, dan ruam popok. Menurut Prof. Ernst, putih telur akan mengering dan melapisi kulit yang sakit. Dan hal itu akan membantu menyembuhkan ruam popok. “Tetapi ingat, jangan membiarkan putih telur itu lebih dari satu hari tanpa dibersihkan, karena lapisan telur akan menjadi tempat bakteri untuk tumbuh dan berkembang dengan subur,” jelasnya.




4. Madu

Kombinasi satu sendok teh madu dengan air jeruk lemon dan sedikit air hangat ampuh menyembuhkan radang tenggorokan dan flu. Madu juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka goresan pada kulit Si Kecil lho, Moms. 

Cara pakainya enggak sulit, Anda cukup menuang sedikit madu ke kain kasa bersih lalu tempelkan ke bagian yang luka. Madu memiliki zat anti radang dan khasiat antiseptik. Namun ingat, madu tidak boleh diminum pada anak yang usianya di bawah 12 bulan ya, Moms.


5. Daging Ayam

Banyak orang yang percaya kalau sup ayam adalah obat manjur untuk memelihara daya tahan tubuh. Menurut Trudy Noris, pendiri The National Institute of Medical Herbalist, sup ayam terbukti dapat mengencerkan darah, melancarkan pernapasan, dan melegakan tenggorokan.


6. Bawang Bombay

Batuk dan pilek pada anak? Wah, sepertinya ini penyakit yang paling sering terjadi ya, Moms. Padahal, masalah kesehatan itu bisa diredakan dengan bawang bombay. Anda cukup mengiris tipis bawang bombay, taruh di mangkuk bersih, tuang madu di atasnya. Kemudian tutup mangkuk dan biarkan dalam suhu ruang selama 12 jam. Saring madu dan bawang, kemudian berikan satu sendok teh sebanyak 3 kali sehari.

Menurut Deborah McManners, praktisi naturopati, bawang bombay, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang mengandung minyak alium yang bersifat antiseptik dan antibiotik. Zat alium itu berfungsi sebagai dekongestan atau pengencer dahak.

Dengan obat-obatan alami ini, semoga Moms dan Si Kecil sehat selalu, ya! (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Total Body Workout, Olahraga Efektif untuk Para Moms

13 Cara Hindarkan Penyakit dengan Detoks Rumah Anda

Cara Unik Menemukan Kebahagian dan Kesehatan Jiwa

OTHER ARTICLES

7 Jurus Ampuh Anti Mengompol untuk Balita Anda

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Minuman Berenergi?

Tahu Lebih Banyak Soal Sariawan pada Bayi

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Tips Berkendara Aman dan Nyaman Bersama Si Kecil