Mother&Baby Indonesia
Benarkah Temulawak dapat Menambah Nafsu Makan Anak?

Benarkah Temulawak dapat Menambah Nafsu Makan Anak?

Buat Anda, mungkin temulawak sudah sangat familiar di telinga, bahkan sejak masih anak-anak ya, Moms. Bisa jadi, Anda atau teman Anda dulunya adalah anak yang susah makan, sehingga sering diberikan ramuan temulawak oleh orang tua untuk diminum.

Sejak dahulu, temulawak memang menjadi solusi para orang tua jika anak mereka mengalami susah makan, atau berat badan anak tak kunjung bertambah.

Di Indonesia sendiri, temulawak sangat mudah dijumpai. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) memang tanaman asli Indonesia yang punya bentuk mirip dengan kunyit. Di negara kita, temulawak sering dijadikan sebagai bahan campuran herbal atau jamu.




Penambah Nafsu Makan Anak

Menurut dr. Dzulfikar Djalil Lukmanul Hakim, Sp.A(K), spesialis anak dari RSUD Dr. Hasan Sadikin, Bandung, rempah temulawak memang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak, meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan kaitan langsung antara tanaman ini dan fungsinya dalam meningkatkan nafsu makan anak. Bahkan, kini banyak vitamin yang mengandung temulawak beredar di pasaran.

Hal ini disebabkan adanya zat aktif curcumin (zat berwarna kuning) di dalam temulawak yang bisa meningkatkan aktivitas enzim pencernaan sehingga akan menambah nafsu makan anak.

Nah, jika Si Kecil ternyata anak yang susah makan atau pemilih makanan alias hanya suka makanan tertentu (picky eater), Moms bisa coba memberikannya ramuan temulawak ini. 

Dikutip dari Jurnal Gizi Indonesia 2018, anak yang susah makan atau sangat pemilih dalam hal makanan berisiko memiliki asupan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral lebih rendah dibandingkan anak yang bukan picky eater. Karena itu, Si Kecil yang picky eater bisa disiasati dengan memberikan temulawak untuk merangsang nafsu makannya.




Manfaat Lain Temulawak

Selain dipercaya berkhasiat menambah nafsu makan, temulawak juga memiliki banyak kandungan lain yang baik dan bermanfaat buat tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa curcumin yang terdapat dalam temulawak memiliki zat analgesik, antiinflamasi, dan antioksidan. Kandungan yang dimilikinya tersebut bisa berfungsi sebagai pelindung bagi tubuh dalam menghalau berbagai macam penyakit, seperti diabetes, radang hati, dan juga kanker.

Bukan cuma itu, temulawak juga mengandung vitamin B6, C, dan E, serta zat besi dan potasium yang diperlukan oleh tubuh.


Yang Perlu Diperhatikan

Meskipun demikian, dr. Dzulfikar menambahkan bahwa pemberian temulawak bukan merupakan faktor utama yang membuat nafsu makan Si Kecil meningkat, Moms. Ada banyak faktor lain, seperti komposisi dan jenis makanan yang dihidangkan, mood atau suasana hati anak saat ia makan, atau kadang penyakit yang Si Kecil alami juga bisa memengaruhi nafsu makan anak. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   temulawak,   picky eater,   anak susah makan,   curcumin,   penambah nafsu makan