Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 2 Juli 2019 / Redaksi

Ini Proses Keterampilan Anak dalam Berpakaian

Si Kecil sudah bisa memakai baju sendiri dan melepasnya? Atau bahkan sudah bisa mengenakan celananya sendiri?

Bagi Si Kecil, bisa memakai dan melepas baju tanpa bantuan orang lain termasuk salah satu keterampilan yang ia dapat melalui proses perkembangan tersendiri. Yuk, ikuti prosesnya berikut ini, Moms!

Berpakaian memang merupakan hal kecil yang sehari-hari kita lakukan, tapi tidak begitu halnya dengan Si Kecil. Keterampilan berpakaian menjadi salah satu tolak ukur perkembangan anak.



Untuk bisa berpakaian, ia membutuhkan kemampuan koordinasi motorik, pemahaman akan tubuh sendiri, serta perencanaan gerak. Menurut Karen Ruskin, Psy.D., LMFT, seorang terapis keluarga di Sharon, Massachusetts, AS, kemampuan ini merupakan batu loncatan bagi perkembangan emosional dan psikologis Si Kecil. Hal ini membangun kepercayaan diri, kemandirian, dan kebanggaan atas pencapaiannya.


0-1 Tahun

Pada masa ini, Si Kecil masih dalam tahap pengenalan indra serta mengamati. Rasa ketergantungan yang masih sangat besar juga membuatnya belum mandiri. Akan tetapi, lambat laun ia dapat melakukan beberapa gerakan yang menjadi dasar kemampuannya. Mengingat buah hati Anda belum benar-benar bisa memahami dampak dari gerakan tangan dan kakinya, ia membantu proses berganti pakaian dengan mengandalkan refleks. Umumnya, Si Kecil mulai mampu untuk melepaskan kaus kaki, sepatu, topi, serta membantu jalannya proses berpakaian dengan memasukkan lengan dan kaki lewat lubang kaus serta celana.


1-2 Tahun

Kemampuan motorik dan kognitif yang berkembang pesat membuat Si Kecil semakin terampil dalam menggerakkan anggota tubuhnya. Ia sudah mampu untuk melihat dan mengerti hubungan antara gerakan tangan serta efeknya. Selain itu, keseimbangannya juga semakin baik. Berdiri, berjalan, dan berjinjit sudah dengan mudah ia lakukan. Hal-hal ini kemudian memengaruhi kemampuannya dalam berpakaian. Pada masa ini, Si Kecil akan mampu melepaskan celana, menemukan lubang pakaian, melepaskan sepatu yang tidak bertali, serta melepaskan jaket.

Tips: Untuk mendorong kemampuan Si Kecil, Moms bisa memilih celana dengan pinggang karet untuknya daripada celana dengan ritsleting.


2-3 Tahun

Tingkat kemandirian Si Kecil pada masa ini semakin meningkat. Ia sudah mulai ingin memakai bajunya sendiri. Jangan heran jika Moms sering mendapati Si Kecil mengenakan sendiri jaket kesukaannya. Kemampuan motorik dan kognitif juga berkembang semakin pesat.



Keterampilan tangannya serta perkembangan pemahamannya terhadap benda-benda dan lingkungan membuat ia berhasil melakukan detail-detail kecil, seperti melepas kancing, berusaha memakai kaus kaki dan sepatu, walau orientasi kanan dan kiri belum tentu benar. Anak juga mulai bisa membuka dan menutup ritsleting walau tetap dengan bantuan. Selain itu, keseimbangan dan fondasi kakinya yang semakin mantap membuat ia dapat memakai celana berpinggang karet dengan mudah.

Tips: Berikan mainan yang dilengkapi kancing atau ritsleting.


3-4 Tahun

Keterampilan motoriknya semakin sempurna. Kemampuannya untuk melompat dapat membantunya dalam melakukan langkah berpakaian yang lebih rumit. Si Kecil akan dapat memakai kaus dengan sedikit bantuan, mulai dapat mengancingkan baju, membuka ritsleting, serta membuka ikat pinggang. Ia juga sudah memiliki daya ingat jangka pendek yang mempermudahnya dalam mengingat langkah-langkah berpakaian. Selain itu, keterampilan kognitif yang juga semakin berkembang membuatnya mampu membedakan sisi depan maupun belakang pakaian.

Tips: Selalu ingatkan Si Kecil untuk mulai mengancing dari bawah agar tidak ada lubang yang terlewat.


4-5 Tahun

Kemandirian Si Kecil semakin terlihat pada masa ini. Kemampuan mengidentifikasi lingkungan dan benda-benda juga semakin meningkat. Hal ini kemudian memunculkan kesadaran dan rasa kepemilikan terhadap apa yang ia suka dan tidak suka. Wajar jika pada masa ini, Si Kecil memiliki gaya berbusananya sendiri atau bahkan sudah menetapkan dresscode tertentu bagi dirinya.

Selain itu, pada masa ini, ia sudah betul-betul dapat berpakaian sendiri. Bahkan ia sudah dapat melakukan langkah pemakaian baju yang lebih kompleks seperti, mengikat tali sepatu, memakai ikat pinggang, mengenali tampak depan dan belakang pakaian, memakai kaus kaki dengan benar, serta menutup ritsleting.

Tips: Selalu beritahu Si Kecil untuk menjauhkan ritsleting dari kulit agar tidak terjepit. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Bruxism, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Begini Taktik Tepat Menerapkan Time Out pada Balita

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak

OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019