Mother&Baby Indonesia
Ini Perbedaan Kemampuan Bayi Laki-Laki dan Perempuan

Ini Perbedaan Kemampuan Bayi Laki-Laki dan Perempuan

“Laki-laki atau perempuan sama saja.” Begitu ujar pasangan orang tua ketika ditanya ingin punya anak berjenis kelamin apa. Meskipun sama-sama anugerah yang tak ternilai, bayi laki-laki dan perempuan ternyata memiliki perbedaan kemampuan yang dibawa sejak lahir.

Jika Moms memiliki anak laki-laki di rumah, mungkin Anda sudah tahu bahwa ia sangat suka gerakan, baik menonton benda yang bergerak, maupun ia sendiri yang bergerak. Dan jika tengah membesarkan seorang little lady, Moms tentu paham bagaimana ia suka sekali berbicara.

Kendati sebagai orang tua Anda tak pernah menerapkan pola asuh yang berbeda pada keduanya atau bahkan tak membedakan boneka untuk anak perempuan dan mobil-mobilan untuk anak laki-laki, ternyata kedua jenis kelamin ini punya perbedaan sejak dilahirkan, lho. Ini beberapa buktinya, Moms.




It’s a Boy!

bayi laki-laki merangkak

1. Mereka suka pergerakan

Menurut psikolog dari University of Cambridge, Inggris, anak laki-laki lebih suka melihat gerak suatu benda dibandingkan gerak manusia. Jadi, jika Si Kecil lebih memilih untuk melihat wiper yang bergerak di mobil daripada melihat Anda menari, hal itu wajar sekali.

2. Mereka suka bergerak

Bayi laki-laki dan perempuan memiliki milestones yang hampir beriringan jika berhubungan dengan kemampuan motorik kasar. Namun ternyata, di usia prasekolah, anak laki-laki akan memiliki kemampuan fisik yang lebih baik dibandingkan anak perempuan.

3. Mereka suka keramaian

Ternyata anak laki-laki lebih suka melihat wajah sekelompok orang dibandingkan 1 wajah individu saja.

4. Mereka tak kenal takut

Anak laki-laki lebih jarang dan lebih lama mengekspresikan rasa takutnya dibandingkan anak perempuan. Menurut penelitian, orang tua yang memiliki bayi laki-laki berusia 3-12 bulan lebih sedikit melaporkan anaknya menangis atau terkejut ketika mendengar suara bising.

Studi lainnya menyebutkan bahwa ketika sang ibu berkata, “Jangan sentuh benda itu!” pada Si Kecil yang hendak meraih suatu benda, maka anak laki-laki akan mengacuhkan sang ibu dan tetap meraih benda tersebut, berbeda dengan anak perempuan yang cenderung akan berhenti untuk meraihnya.




It’s a Girl!

bayi perempuan bermain

1. Mereka menyukai ekspresi

Anak perempuan menyukai kontak mata dan tertarik dengan wajah individu, terutama perempuan. Mereka juga lebih terampil dalam membaca ekspresi dan emosi. Sebaliknya, anak laki-laki butuh waktu lebih lama untuk mengetahui perbedaan emosi.

2. Mereka diciptakan untuk meniru

Meski baru berusia beberapa jam saja, bayi perempuan sudah mengungguli bayi laki-laki dalam hal meniru. Buktinya, mereka sudah mampu mengikuti interaksi yang diberikan oleh sang ibu, seperti memegang tangan dan melakukan kontak mata.

Lalu saat beranjak balita, anak perempuan menunjukkan kemampuan meniru kebiasaan yang lebih baik dibandingkan anak laki-laki, misalnya suka bermain peran, seperti pura-pura merawat bayi.

3. Mereka pendengar yang baik

Menurut penelitian, anak perempuan lebih terhubung dengan suara manusia. Misalnya, jika Anda berbicara, bayi perempuan akan lebih terhubung dengan suara Anda dan mendengarkannya.

4. Mereka lebih cepat berbicara

Karena anak perempuan suka mendengarkan, mereka jadi punya kemampuan berbicara yang lebih cepat. Di usia 16 bulan, biasanya mereka sudah bisa berbicara 100 kata, sementara rata-rata anak laki-laki hanya 30 kata. Meskipun begitu, di usia 2,5 tahun, anak laki-laki akan mengejar ketertinggalan dan sama-sama menguasai 500 kata.

5. Mereka terampil

Anak perempuan lebih hebat kemampuan motorik halusnya daripada anak laki-laki. Mereka lebih dulu bisa menggunakan alat-alat makan dan lebih cepat bisa menulis. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   laki-laki,   perempuan,   anak laki-laki,   anak perempuan,   jenis kelamin