Mother&Baby Indonesia
Kapan Waktu Tepat untuk Mengajak Anak Berenang?

Kapan Waktu Tepat untuk Mengajak Anak Berenang?

Berenang tidak hanya baik untuk kesehatan orang dewasa, namun juga untuk kesehatan bayi. Menurut Penelitian, bayi yang sering diajak bermain di kolam renang memiliki keseimbangan tubuh dan kemampuan memahami lebih baik dibandingkan bayi yang tidak pernah diajak berenang.

Namun, untuk mengajak bayi berenang, tentunya butuh persiapan dari Anda dan kesiapan Si kecil sendiri. Pertanyaannya, kapan Anda bisa mengajak Si Kecil berenang?

The American Academy of Pediatrics (AAP) pernah mengeluarkan suatu kebijakan pada April 2000. Kebijakan tersebut berisi sebagai berikut: “Secara fisik, anak-anak belum sepenuhnya siap untuk berenang sebelum usianya empat tahun.”



Hal ini kemudian dijelaskan oleh situs pediatrics.about.com, bahwa yang dimaksud adalah melarang anak untuk benar-benar berolahraga renang (melakukan koordinasi semua anggota tubuh) sebelum usia empat tahun. Sementara, berenang yang dimaksud dengan berdiam di dalam air, sama sekali tidak dilarang untuk bayi.


Waktu yang Tepat Ajak Bayi Berenang

Cara aman untuk bermain air buat bayi adalah dengan memakai kolam karet milik sendiri. Tentu saja, kolam karet ini harus Anda jaga kebersihannya. Dan sebenarnya, tidak ada batasan formal usia bayi untuk bermain di dalam kolam. Orang tua hanya disarankan untuk menunggu sampai Si Kecil sudah cukup kuat untuk menegakkan kepalanya sendiri.

Anda bisa ajak Si Kecil berenang saat ia sudah bisa menegakkan dan mengontrol kepala saat digendong pada posisi duduk. Biasanya hal ini dikuasai oleh bayi berusia 4 bulan. Yang penting Moms perlu pastikan bahwa Si Kecil harus dalam keadaan sehat dan tidak memiliki kelainan bawaan.

Anda pun harus ingat bahwa tidak semua bayi suka bermain di dalam air. Jadi, kenali dengan baik buah hati Anda, bila ia tampak tidak nyaman di dalam air ya, Moms. Jangan memaksanya dan teruslah dampingi serta memegang Si Kecil sepanjang waktu saat di dalam air.

Mengenalkan anak pada air, sebaiknya dilakukan dengan berhati-hati, untuk menghindari risiko hipotermia (kedinginan), Si Kecil menelan terlalu banyak air, dan penyakit lain yang timbul. Untuk bayi di bawah usia enam bulan, sebaiknya tidak di bawa ke kolam renang umum, karena kandungan klorin dan kebersihannya yang tidak bisa Anda jamin.




Dos & Don’ts

Untuk memastikan Si Kecil aman di dalam air, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, sebagai berikut:

• Periksalah temperatur kolam agar tidak terlalu dingin ataupun panas.

• Bermainlah saat cuaca cukup hangat.

• Saat Si Kecil sudah terlihat menggigil dan kedinginan, segera keluarkan ia dari kolam.

• Batasi waktu bermain di dalam air. Saat pertama kali, biarkan ia bermain selama 10 menit. Untuk bayi di bawah enam bulan, tidak disarankan berada di dalam air selama lebih dari 20 menit. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   berenang,   bayi belajar berenang,   mengajak bayi berenang








Cover September 2019

Related Article