Mother&Baby Indonesia
6 Hal agar Moms Tetap Cantik saat di Ruang Bersalin

6 Hal agar Moms Tetap Cantik saat di Ruang Bersalin

Pernahkah Anda mendengar kalimat, “Doing good begins with feeling good. And feeling good begins with good looking"? Kalimat ini rasanya benar ya Moms, bahwa perasaan nyaman akan timbul saat Anda merasa cantik.

Dan tampil cantik tidak mengenal waktu ataupun tempat. Anda bahkan bisa tetap menawan saat berada di ruang bersalin. Mau tahu caranya? Duduk yang nyaman dan simak panduan dari M&B berikut ini, yuk.




Kulit Bersinar

Kulit kering memang dapat membuat siapa pun kehilangan rasa percaya diri. Apalagi saat hamil, kebanyakan wanita mengalami problema kulit yang lebih kering dari biasanya, sehingga membutuhkan losion dengan kadar pelembap lebih tinggi.

Jangan pernah absen mengaplikasikan body butter sehabis mandi atau kapan pun Anda memerlukannya. Jika perlu, menjelang due date, Anda juga bisa melakukan pengelupasan/peeling untuk membuat kulit Anda makin bersinar.


Kuku Cantik

Hormon, khususnya yang meningkat saat hamil, menguatkan dan membuat kuku Anda cepat memanjang. Untuk menjaga kuku tetap indah, Anda bisa merawatnya dengan manikur dan pedikur. Namun untuk penggunaan cat kuku, Anda perlu hati-hati.

Agar aman, aplikasikan cat kuku di ruang terbuka atau dengan ventilasi besar, agar kemungkinan Anda menghirup uap bahan kimia dalam kandungannya semakin kecil. Rendam kuku dalam air dingin cepat kering. Pastikan juga agar mencuci tangan dengan sabun setelah Anda menghapusnya. Hal ini untuk memastikan agar tidak ada sisa bahan kimia yang tertinggal pada kuku, Moms.


Rambut Bercahaya

Ada baiknya Anda merapikan potongan rambut Anda menjelang bersalin, untuk menjaga Anda tetap praktis saat mengurus bayi nanti. Atau Anda juga bisa mengganti total gaya rambut, yang penting detailnya sesuai dengan karakter wajah Anda.

Untuk menghindari rambut rontok, sering-seringlah mengubah belahan rambut guna menghindari kulit kepala yang sama terkena sinar matahari dalam waktu lama. Ini sekaligus membantu mencegah kerontokan secara perlahan. Lakukan juga perawatan rambut hair masker atau hair spa untuk membuat rambut Anda lembut dan harum.




Make Up Menawan

Selama hamil, hormon membuat kulit Anda jadi lebih sensitif. Agar praktis dan efisien, pilih make up yang multifungsi, misalnya perona pipi yang juga bisa berfungsi sebagai lipstik atau eye shadow. Untuk perawatan di klinik kecantikan, sebaiknya lakukan seminggu atau dua minggu sebelum due date, agar wajah tetap glowing di ruang bersalin.


Kaki Nyaman

Meminta suami memijat ringan kaki Anda tak hanya menciptakan quality time yang efektif menjelang bersalin. Tetapi, juga bisa membantu meringankan rasa nyeri yang semakin sering Anda alami menjelang waktu persalinan. Namun, Anda perlu berhati-hati pada pergelangan kaki bagian dalam atau bagian di antara tulang mata kaki dan tumit.

Tekanan ringan sedikit saja pada bagian ini dapat merangsang kontaksi dan terjadinya persalinan. Gunakan minyak dengan kandungan ringan, seperti jojoba oil, dan Anda bisa memusatkan pijatan pada kaki bagian belakang atau betis untuk merilekskan tubuh dan mengembalikan energi.


Waxing, Yes or No?

Sebenarnya, dokter atau bidan tidak ambil pusing, apakah Anda mencukur rambut pubis atau tidak sebelum bersalin. Namun jika Anda merasa lebih bersih dengan mencukurnya, lakukan saja. Pastikan bahwa Anda mendapatkan pelayanan dari terapis yang kompeten untuk melakukannya, ya!

Sebagai informasi, pada dasarnya hal ini tidak terlalu memengaruhi kelancaran proses persalinan. Rambut pubis Anda hanya akan dicukur sebelum dilakukan bersalin caesar, itu pun jika rambut yang tumbuh melebihi garis celana (bikini line), untuk mengurangi iritasi pada luka sayatan operasi. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   persalinan,   melahirkan,   cantik,   perawatan diri,   kecantikan








Cover Januari - Februari 2020