Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 17 Juni 2019 / Redaksi

Tips Tetap Fit dan Memesona Kala Hamil

Lemas, mudah lelah, gampang terserang penyakit. Keluhan semacam itu kerap dirasakan wanita yang tengah hamil. Moms, tentunya tak mengalami hal semacam ini!

Perubahan hormon membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih sensitif dan rentan terkena penyakit. Sementara itu, kandungan yang kian membesar juga membuat tubuh cepat lelah. Kondisi terkadang membuat Moms malas bergerak.

Namun sesungguhnya, ada lho, cara agar ibu hamil tetap bugar. Simak caranya berikut ini.




Tips Tetap Fit dan Memesona Kala Hamil

1. Air adalah solusi ampuh atasi konstipasi, infeksi saluran kemuih, dehidrasi, dan kekeringan kulit yang menyebabkan stretchmark. Jadi, ganti gelas Anda dengan yang lebih besar sehingga Anda minum lebih banyak dari biasanya.

2. Sebaiknya Anda mulai rajin meminum jus. Salah satu yang disarankan adalah jus cranberry untuk mencegah infeksi saluran kemih dan jus lemon untuk vitamin C dosis tinggi.

3. Saat makan, jangan sering menyeling dengan minum. Tunggu 30 menit setelah selesai makan untuk minum guna mencegah rasa ingin muntah dan perut menjadi kembung.

4. Jika Anda tidak suka makan sayur dan malas mengonsumsi buah, variasikan cara penyajiannya, seperti dalam kondisi segar, beku, kering, kalengan, atau dibuat jus. Ingat, mengonsumsi serat adalah penting bagi kesehatan Anda.

5. Jika perut Anda sedang bermasalah, konsumsilah camilan dingin. Makanan panas, gorengan, dan pedas bisa memicu mual serta mulas. Meski lidah Anda bosan pada makanan dingin dan beraroma hambar, setidaknya Anda tidak kehilangan vitamin dari bahan makanan yang bisa hilang karena dimasak dengan suhu tinggi.

6. Racik camilan Anda sendiri. Untuk yang manis dan mengenyangkan, potong pisang matang dan panggang di dalam oven hingga garing (sekitar 20 menit). Pisang mengandung potasium untuk mengurangi retensi cairan dan triptofan untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak.

7. Konsumsi yoghurt karena mengandung protein, kalsium, zinc, vitamin B dan D yang baik untuk pembentukan tulang serta gigi janin Anda.

8. Sereal dengan susu adalah salah satu menu sarapan terbaik karena satu mangkuk saja, Anda bisa mendapatkan 100 mcg asam folat (seperempat dari anjuran dosis harian) yang baik untuk sistem saraf janin Anda. Akan tetapi, hindari sereal yang penuh gula dan garam.

9. Entah mengudap atau makanan berat, makanlah dengan perlahan. Makan cepat-cepat akan mengganggu pencernaan Anda. Jaga juga posisi tubuh Anda saat makan. Duduk tegak dan nikmatilah setiap suapan.



10. Makanlah sepiring penuh variasi buah dan sayur dengan warna yang berbeda. Setiap buah dan sayur dengan warna tertentu mengandung nutrisi yang berbeda, yang menjadi kunci pertumbuhan janin. Sayur dan buah yang berwarna gelap seperti bluberi, wortel, dan bayam kaya akan antioksidan.

11. Batasi asupan karbohidrat untuk meminimalisasi kenaikan berat badan dan menghindari konstipasi. Pilih gandum utuh, roti, beras, dan pasta yang bukan putih.

12. Tidak kuat pergi ke pusat kebugaran? Jalan kaki saja. Mudah, murah, dan menyenangkan jika dilakukan di tempat yang bersih serta indah pemandangannya. Jalan kakilah sampai dengan minggu terakhir kehamilan Anda karena akan mempermudah persalinan normal Anda.

13. Sambil duduk atau berbaring, tekuk dan renggangkan pergelangan kaki Anda. Putar-putar beberapa kali dan lakukan hal serupa ke arah sebaliknya guna mengurangi pembengkakan.

14. Lakukan senam kegel dan latih otot pelvis Anda, delapan set tiga kali sehari.

15. Meski perlu dilakukan, jangan berolahraga secara berlebihan. Mengukurnya mudah saja. Jika Anda masih bisa berbicara tanpa tersengal saat berolahraga, artinya Anda masih kuat. Namun begitu Anda merasa mual atau pusing, segera berhenti. Kalau terjadi pendarahan atau kram perut, segera kunjungi dokter.

16. Rajin-rajinlah berkumpul dengan teman. Banyak tertawa dan bertukar cerita, bagus lho, untuk mental Anda dan janin.

17. Bosan dengan latihan senam kehamilan? Menari saja. Konon tarian perut adalah tarian yang dikoreografi khusus untuk wanita hamil yang hendak melahirkan sebagai persiapan.

18. Keluarlah untuk berbelanja. Belanja adalah alasan yang baik untuk gerak badan. Selain membeli kebutuhan bayi, Anda juga pantas sedikit memanjakan diri. Anda 

19. Ajari pasangan untuk memijat Anda. Pijatan akan membawa Anda berdua lebih intim. Wanita yang dipijat saat menunggu persalinan akan lebih tenang, persalinannya lebih cepat, dan mengurangi rasa sakit.

20. Hindari duduk dengan kaki menyilang agar aliran darah Anda tidak terganggu. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari varises. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Menggendong Kala Hamil. Apa Risikonya?

Pilah-Pilih Imunisasi untuk Ibu Hamil

Bumil, Perhatikan 5 Hal Ini saat Silaturahmi Lebaran

OTHER ARTICLES

Cegah Alergi dengan Jaga Kebersihan Udara di Rumah

Tips Memilih dan Mengonsumsi Susu UHT yang Aman

Ini Alasan Bayi Baru Lahir Jangan Langsung Dimandikan

Balita Bersikap Bossy? Ini yang Moms Harus Lakukan

Rekomendasi 4 Area Glamping untuk Keluarga