Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 12 Juni 2019 / Redaksi

Tips Tangani Varises saat Masa Kehamilan

Saat hamil, ada banyak hal yang bisa Moms alami karena perubahan hormon. Dan salah satu kondisi yang cukup sering terjadi adalah munculnya varises atau disebut juga varicose vein. Kondisi ini terjadi karena katup kecil di dalam pembuluh darah Anda berhenti bekerja dengan baik saat kehamilan.

Biasanya, darah akan mengalir secara perlahan melalui pembuluh darah ke jantung, melalui beberapa katup kecil yang terbuka dan tertutup. Namun saat hamil, hormon progesteron yang muncul membuat pembuluh darah lebih relaks, sehingga darah tidak bisa melewatinya dengan mudah.



Volume darah dalam tubuh yang turut meningkat saat hamil memberikan tekanan pada katup dan dinding vena. Tekanan akibat pertumbuhan rahim juga mengganggu aliran darah menuju kaki Anda. Kondisi tersebut dapat melemahkan hingga mengganggu kerja katup, dan menimbulkan tonjolan dari pembuluh darah.




Mengurangi Risiko Varises

Varises bisa jadi merupakan masalah yang sangat mengganggu buat ibu hamil. Untuk mengatasinya, Moms bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

• Untuk mengurangi varises pada kaki, Anda bisa mengangkat kaki ke atas (di atas jantung) sesering mungkin.

• Anda bisa mengonsumsi buah bluberi untuk mengurangi varises. Bluberi mengandung flavonoid yang mampu menguatkan pembuluh darah kapiler. Selain itu, buah kecil berwarna biru ini juga mengandung antioksidan tannin, yang mampu mencegah kebocoran pembuluh darah.

• Sebelum tidur, Anda bisa mandi atau mengompres bagian kaki yang sakit dengan air dingin. Hal ini dapat meminimalisir tunjulan dari pembuluh darah atau varises tersebut. Selain itu, aliran darah juga menjadi lebih baik, serta meredakan kram dan bengkak pada kaki. Hindari menggunakan air hangat untuk mengatasi varises karena akan memperparah kondisi Anda.

• Saat Anda bekerja dan harus duduk dalam waktu lama, usahakan untuk menggoyangkan kaki Anda secara rutin. Sambil duduk, angkat tumit dan dorong ke atas bola kaki Anda selama beberapa detik, lalu turunkan perlahan. Kemudian, angkat jari kaki dan dorong tumit Anda ke bawah. Ulangi gerakan ini dengan kecepatan yang bervariasi.

• Kondisi varises akan kembali membaik setelah tiga bulan hingga satu tahun setelah Si Kecil lahir. Cara mengatasi pembengkakan dan meningkatkan aliran darah, Anda bisa mencampur setengah cuka sari buah (dengan sifat anti-inflamasi), dengan setengah air. Lalu oleskan dengan lembut di area tonjolan dengan kapas. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Bumil, Perhatikan 5 Hal Ini saat Silaturahmi Lebaran

Gangguan Pencernaan pada Ibu Hamil: Diare

Gangguan Pencernaan pada Ibu Hamil: Kembung

OTHER ARTICLES

10 Cara untuk Menjadi Ayah yang lebih Baik

Efek Vakum pada Ibu Melahirkan

5 Mitos dan Fakta Mengenai Kecerdasan Newborn

Total Body Workout, Olahraga Efektif untuk Para Moms

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak