Mother&Baby Indonesia
Tips Bijak dalam Berbelanja Perlengkapan Bayi

Tips Bijak dalam Berbelanja Perlengkapan Bayi

Tak lama lagi Si Kecil akan lahir ke dunia. Bukan hanya mempersiapkan kondisi fisik dan psikis, Moms juga perlu menyediakan perlengkapan sang calon bayi ketika lahir kelak.

Bagi sebagian ibu hamil, berbelanja kebutuhan bayi adalah kegiatan yang mengasyikkan. Selain melepas stres, berbelanja juga salah satu bentuk 'olahraga' bagi wanita yang tengah hamil, lho.

Namun hati-hati ya Moms, jangan sampai Anda terlalu asyik berbelanja sehingga banyak membeli barang-barang yang sesungguhnya tidak diperlukan. Simak tips berikut ini agar Anda bisa lebih bijak dalam berbelanja kebutuhan bayi.




1. Membuat Daftar Kebutuhan

Beberapa bulan sebelum Si Kecil lahir, Moms bisa mulai menyusun daftar barang-barang yang dibutuhkan. Buatlah secara rinci, mulai dari pakaian, kebutuhan menyusui, perlengkapan bayi, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, perlengkapan dasar bayi adalah baju, popok, alas tahan air atau perlak, kaus kaki, sarung tangan, kasur, bantal, dan guling bayi. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan keperluan mandinya, termasuk handuk dan bak mandi khusus. Last but not least, jangan lupa membeli tambahan kebutuhan bayi seperti tas, gendongan bayi, minyak telon, gunting kuku, kain kasa serta kapas steril guna membungkus pusar bayi.

Untuk keperluan menyusui khususnya bagi ibu yang bekerja, Moms mungkin bisa mulai menyiapkan pompa ASI, botol atau kemasan penyimpan ASI, sterilizer, plus breastpad.


2. Ukuran Lebih Besar

Saat membeli pakaian, sebaiknya pilih ukuran lebih besar. Bayi yang baru lahir cepat sekali berkembang. Jika membeli pakaian dengan ukuran terlalu pas, bukan tak mungkin pakaian tersebut hanya muat untuk satu bulan saja. Moms, bisa membeli pakaian satu ukuran lebih besar. Perlu diperhatikan, setiap merek pakaian memiliki pola dan ukuran yang berbeda. Jadi jangan terpaku pada petunjuk umur yang dicantumkan pada label pakaian ya. 

Hal yang sama juga berlaku untuk pembelian popok. Selain membeli popok ukuran newborn, Anda juga bisa menyiapkan popok yang lebih besar.




3. Membeli dalam Kemasan Besar

Membeli dalam jumlah besar, biasanya lebih murah. Barang yang bisa dibeli dalam jumlah/kemasan besar misalnya, baby wipes, popok, dan sabun. Baju bayi juga bisa dibeli dalam jumlah banyak di pusat perbelanjaan grosir, tentunya dengan harga yang lebih murah. Hanya saja, tak sedikit Moms yang yang menginginkan model berbeda sehingga hanya membeli secara satuan dengan harga berbeda.


4. Meminjam dari Orang Lain

Beberapa perlengkapan mungkin bisa dipinjam dari saudara atau teman yang sudah tidak menggunakannya lagi, seperti ranjang bayi, kereta dorong, baby bouncer, dan lain sebagainya. Jika Moms memutuskan untuk meminjam, pastikan barang tersebut masih terawat dan dalam kondisi bersih. Oh ya, sebaiknya Anda tidak meminjam barang-barang seperti pompa ASI karena bersifat personal dan kurang higienis jika dipakai bersama orang lain.


5. Berburu Pesta Diskon

Manfaatkan kesempatan berhemat melalui program potongan harga. Salah satu tempat untuk mendapatkan beraneka ragam perlengkapan bayi dengan harga diskon adalah Mother&Baby Fair. Akhir pekan ini, M&B Fair akan hadir di Surabaya, tepatnya di Galaxy Exhibition Center, Galaxy Mall Surabaya, pada 28-30 Juni 2019.

Ada banyak booth yang menjual kebutuhan bayi, mulai dari pakaian, sabun, popok, hingga perlengkapan menyusui. Biasanya, booth-booth ini menawarkan potongan harga yang sangat menarik atau berbagai paket kebutuhan bayi dengan harga ekonomis. 

Untuk para Moms, Anda juga bisa membeli keperluan pribadi seperti bra dan baju menyusui serta suplemen untuk ibu menyusui. So, tunggu apalagi. Yuk Moms, datang dan ramaikan Mother&Baby Fair di Surabaya pekan ini.


(Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   ibu hamil,   perlengkapan bayi,   mother and baby fair,   mb fair,   surabaya