Mother&Baby Indonesia
ART Mudik, Apa Saja yang Harus Disiapkan di Rumah?

ART Mudik, Apa Saja yang Harus Disiapkan di Rumah?

Menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba, seperti biasa, asisten rumah tangga (ART) Anda akan minta izin untuk mudik ke kampung halamannya guna berlebaran dan bersilaturahmi bersama keluarganya.

Hal ini terjadi setiap tahun, dan pastinya kerepotan menghadapi semua pekerjaan rumah akan Anda rasakan. Nah, buat Moms yang bekerja, tidak perlu merasa cemas. Mungkin Anda sudah harus menyiapkan beberapa hal selama ART pergi.




Persiapan yang Perlu Dilakukan

Ada banyak cara untuk menyiasati mudiknya ART Anda tersebut, Moms. Berikut tipsnya.

• Pastikan tanggal mudik ART dan kapan dia kembali, sehingga Anda bisa mengatur jadwal kerja Anda di rumah selama ART pulang kampung.

• Minta ART mencicil pekerjaan yang bisa dikerjakan 3-4 hari sebelum ia mudik, misalnya mencuci sekaligus menyeterika semua pakaian kotor (termasuk sprei, sarung bantal sofa, taplak meja, dan gorden), mencuci peralatan dapur, serta membersihkan rumah dan mengelap semua perabotan.

• Minta ART membantu menyiapkan bahan makanan yang tahan lama untuk disimpan di dalam kulkas, seperti ayam ungkep atau semur daging, yang dituliskan tanggal dan dimasukkan ke dalam freezer, membuat lauk kering, seperti tempe kering, teri, atau kentang, serta memastikan bahwa air mineral dalam galon, minyak goreng, dan gas cukup untuk digunakan selama ART mudik. melakukan stok seperti ini akan memudahkan Anda memasak nantinya saat ART tidak ada.



• Ajak semua anggota keluarga gotong-royong mengerjakan pekerjaan rumah. Buat jadwal pembagian tugas untuk masing-masing anggota keluarga. Libatkan juga anak untuk pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Hal ini sekaligus untuk mendidik Si Kecil agar jadi lebih mandiri. Untuk Si Kecil, Anda bisa berikan tugas yang tidak berat dan Moms bisa berikan penghargaan atau reward atas pekerjaan yang mereka lakukan.

• Tetap bangun pagi kendati sedang libur, karena Anda harus mengerjakan berbagai pekerjaan rumah. Jika bangun pagi, Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan rumah sehingga Anda pun akan punya cukup waktu untuk istirahat. Selain itu, di pagi hari kondisi badan masih fresh, berenergi, dan lebih semangat.

• Lakukan efisiensi untuk meringankan pekerjaan rumah dan hemat energi, misalnya: atur pemakaian baju seperlunya sehingga tidak terjadi penumpukan baju kotor; gunakan gelas minum sesuai keperluan dengan menandai gelas yang dipakai oleh masing-masing anggota keluarga, supaya tidak selalu ganti gelas baru setiap kali minum; dan jaga selalu kebersihan rumah agar Anda tidak perlu mengepel setiap hari.

• Gunakan jasa tenaga infal jika diperlukan untuk membantu Anda selama ART mudik. Namun, jika sulit menemukannya, Anda juga bisa gunakan layanan jasa yang membantu meringankan beban pekerjaan, contohnya jasa mencuci dan menyeterika pakaian atau jasa katering jika Anda tidak mahir memasak. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   art,   asisten rumah tangga,   mudik,   lebaran,   idul fitri