Home - Bayi - Perawatan Bayi / 18 Juni 2019 / Redaksi

7 Hal agar Moms Tetap Tenang saat Mengasuh Bayi

Moms, setelah melahirkan, tugas Anda sebagai ibu yang merawat dan mengasuh bayi baru saja dimulai. Bahkan beberapa situasi bisa membuat Moms geleng kepala karena kelelahan dalam mengasuh Si Kecil.

Tenang, Moms! Sembilan hal berikut ini bisa menjadi solusi untuk mendinginkan kepala dan tubuh Anda, sehingga lebih rileks saat menjalankan peran Anda sebagai ibu.




Minum Teh Dandelion

Perasaan emosi mulai timbul? Moms perlu memanaskan air dan menyeduh teh yang memiliki berbagai jenis dan rasa, seperti dandelion. Teh dandelion merupakan salah satu resep herbal tradisional dari China, yang tak hanya bisa membantu menetralisir hati Anda sehingga bekerja dengan baik, tapi juga bisa meringankan perasaan amarah dan emosi negatif lainnya. Rasanya pun enak lho, Moms!


Menghirup Aroma Terapi

Wewangian yang lembut seperti ylang-ylang atau aroma bunga kenanga mampu menciptakan perasaan tenang pada diri Anda, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan mood. Jadi, pastikan Anda membawa aroma terapi atau minyak esensial dengan aroma tersebut untuk mengantisipasi jika rasa sabar Anda mulai habis ya, Moms.


Buat Wajah Lucu

Saat bayi sudah mulai susah diatur, Moms bisa pakai senjata wajah jelek untuk menghentikan perdebatan. Maka dengan cepat, Si Kecil pasti akan tertawa bersama Anda sambil menunjukkan wajah jelek masing-masing.


Kembali ke Alam

Penelitian menunjukkan bahwa saat seseorang mendengarkan suara alam, seperti kicauan burung atau hembusan angin, maka hal tersebut bisa menenangkan pikiran dan stres. Suara alam juga mampu membantu Anda berpikir secara jernih dan tidak mudah merenung. Jadi saat Moms sedang merasa tidak tenang, segera fokuskan pikiran untuk mendengarkan suara alami yang ada di sekitar, ya.




Makan Camilan Gandum

Ngemil memang bisa meredakan rasa emosi, namun tetap pilihlah yang sehat. Seperti bar gandum yang memiliki kandungan glikemik, yang mampu melepaskan energi secara perlahan, menjaga jumlah gula darah dan mood lebih stabil.


Identifikasi Penyebab

Saat Anda mulai merasakan emosi yang memuncak, coba tenangkan diri dan cari tahu penyebabnya. Apakah karena Si Kecil yang sulit ditenangkan atau karena Anda merasa belum bisa menjalankan tugas sebagai ibu? Dengan mengetahui penyebab asalnya, maka Anda bisa berpikir secara rasional dan mampu menerima situasi yang dihadapi dengan baik sebisa yang Anda lakukan.


Cuci Muka

Mencuci atau membasuh wajah Anda dengan air dingin mampu membangkitkan sistem saraf parasimpatik. Hal ini akan membuat ritme detak jantung yang menggebu-gebu sebelumnya menjadi lebih tenang dan menenangkan pikiran. Jika takut make up luntur, basuh saja bagian pipi Anda dengan air dingin tersebut.

Selamat mencoba, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Manfaat dan Fakta Memandikan Bayi yang Perlu Moms Tahu

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Diare pada Anak

3 Masalah Kesehatan Bayi yang Sering Mengkhawatirkan

OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019