Home - Kesehatan - Gaya Hidup Sehat / 11 Juni 2019 / Redaksi

Tips buat Anda agar Ngemil Tidak Menjadi Keterusan

Moms, bagaimana suasana Hari Raya Idul Fitri Anda tahun ini? Apakah Anda mencicipi banyak hidangan lebaran? Memang, aneka masakan yang berada di atas meja seolah memanggil Anda untuk mencoba. Wajar saja jika selera makan Anda jadi meningkat karena tergoda aroma menggiurkan dari hidangan tersebut.

Belum lagi berbagai jenis dan rasa kue-kue yang ada. Wah, pokoknya Anda jadi tidak bisa berhenti ngemil dan mencoba semuanya. Alhasil, kebiasaan ini susah sekali jadinya untuk Anda hentikan. Terus bagaimana strateginya agar ngemil tidak menjadi keterusan? Bisakah dengan memilih jenis camilan yang sehat untuk dikonsumsi. Jadi, hobi ngemil Anda tetap bisa dilanjutkan dan berat badan Anda tetap bisa diatur. Bagaimana, Moms?

Nah, memilih jenis camilan sehat ternyata bukan satu-satunya cara agar kebiasaan ngemil tidak mengganggu berat badan Anda. Dilansir dari readersdigest.com, berikut beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk mencegah ngemil yang berlebihan, Moms.




1. Permen Karet

Selain ngemil, ada alternatif lain untuk menemani waktu santai Anda tanpa perlu merasa khawatir akan penambahan berat badan Anda, yaitu dengan cara mengunyah permen karet. Namun, yang mesti Anda ingat, pilihlah permen karet yang bebas gula ya, Moms.


2. Simpan yang Kecil

Belilah makanan ringan yang dikemas dengan porsi kecil. Atau jika Anda ingin menghemat pengeluaran dengan membeli kemasan besar, pisahkan ke dalam wadah-wadah yang lebih kecil dan simpan di dalam lemari makanan.


3. Posisikan dengan Tepat

Tempatkan makanan yang sehat di bagian depan lemari es atau lemari makanan, dan makanan ringan yang kurang sehat, seperti kripik, di bagian belakang. Dengan demikian, Anda tidak tergoda untuk mengambil makanan ringan yang kurang sehat, Moms.




4. Jauhkan dari Meja Kerja

Jika Anda menyimpan camilan di meja kerja, tanpa sadar Anda akan mengambilnya dan makan secara berlebihan.


5. Makan pada Tempatnya

Makan sebaiknya hanya Anda lakukan di ruang makan di rumah. Makan di depan TV dapat membuat Anda makan berlebihan, karena Anda hanya akan berkonsentrasi pada apa yang Anda tonton, bukan pada apa yang Anda makan.


6. Tujuan yang Tepat

Jangan ngemil makanan untuk alasan sekadar iseng atau untuk meredakan stres. Ambillah makanan ringan pada jam-jam tertentu, dengan tujuan untuk menunda rasa lapar dan mencegah makan besar secara berlebihan. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung

13 Cara Hindarkan Penyakit dengan Detoks Rumah Anda

Cara Unik Menemukan Kebahagian dan Kesehatan Jiwa

OTHER ARTICLES

Efek Vakum pada Ibu Melahirkan

5 Mitos dan Fakta Mengenai Kecerdasan Newborn

Total Body Workout, Olahraga Efektif untuk Para Moms

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak

Tips Menyimpan Buah agar Matang Maksimal