Mother&Baby Indonesia
8 Tips agar Anak Mau Ubah Pola Makan Sehat

8 Tips agar Anak Mau Ubah Pola Makan Sehat

Pemberian makanan bernutrisi baik merupakan dasar agar Si Kecil dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. Namun sering kali, proses pemberian nutrisi ini terkendala, karena ia susah makan. Si Kecil seakan memiliki banyak sekali strategi untuk menolak makanan yang diberikan, hingga tak jarang membuat Anda menyerah.

Tantangan dalam memberi makan kepada Si Kecil tidak berhenti sampai di sana. Semakin besar, ia mulai menjadi picky eater alias si pemilih makanan. Anda pun akan mengalami kesulitan untuk memberikan asupan yang sehat kepadanya, seperti sayuran, buah-buahan, dan lainnya. Jangan menyerah! Lakukan 10 trik berikut ini agar Si Kecil tumbuh sebagai pecinta makanan sehat.




1. Libatkan dalam Memilih Menu

Berikan kesempatan pada Si Kecil untuk ikut menentukan menu yang akan dikonsumsi saat sarapan, makan siang, dan makan malam, berikut makanan selingannya. Ajak ia juga untuk berbelanja bahan, menyiapkan dan menyajikannya di meja makan. Hal ini akan membuat Si Kecil lebih antusias untuk menikmati makanannya.


2. Mengolah Sendiri

Ajak Si Kecil ke dapur dan biarkan ia membantu Anda mengolah menu yang ia pilih. Dengan begitu, Anda juga bisa menentukan kadar gula non-kalori dan mengubahnya dengan rasa manis dari buah-buahan atau gula merah.


3. Tambahkan Penyedap Organik

Si Kecil terkadang tidak mau makan, karena ia membutuhkan ‘tambahan rasa’ pada makanannya. Untuk itu, Anda boleh menambahkan kecap atau saus tomat di dalamnya, namun pilih yang terbuat dari bahan organik rendah gula. ‘Penyedap’ ini biasanya berhasil membuat Si Kecil menghasilkan makanan dan Anda pun akan terhindar dari rasa frustrasi dalam proses pemberian makan ini.


4. Beri Penghargaan

Memberikan rewards, berupa pujian atau hadiah kecil sangat dianjurkan dalam proses mengajarkan Si Kecil mencintai makanan sehat. Dengan mendapatkan hadiah, ia akan terpacu untuk menghabiskan makanan sehat yang Anda berikan. Hal itu pun akan membuatnya terbiasa melakukan pola makan sehat hingga dewasa.




5. Belajar Berkebun

Mengajak Si Kecil terlibat dalam menyiapkan bahan makannya sendiri juga menjadi kunci utama untuk mengajarkan pola makan sehat. Anda bisa melakukannya dengan mengajak Si Kecil menanam sayuran hijau di halam rumah dan ikut memetiknya ketika sudah siap dipanen. Dengan begitu, ia akan jauh lebih tertarik untuk mengonsumsi makanan segar dan sehat setiap harinya.


6. Siapkan Camilan Sehat

Tidak peduli ke mana pun Anda dan Si Kecil akan pergi, bawa selalu camilan sehat yang siap untuk dinikmati jika ia mengeluh lapar, seperti pisang atau anggur. Sebab, buah-buahan merupakan camilan sehat sekaligus praktis untuk dibawa ke mana saja, dibandingkan camilan kemasan.


7. Nikmatnya Smoothies

Salah satu cara mudah untuk membiasakan Si Kecil makan sayur-sayuran adalah dengan membuatnya menjadi smoothies di pagi hari. Anda bisa menghaluskan beberapa jenis sayuran, seperti bayam organik dan kubis, dicampur dengan gandum yang sudah dicuci bersih.


8. Ciptakan Kesenangan

Ajaklah Si Kecil makan dengan cara yang menyenangkan, seperti piknik di halaman belakang sambil menikmati makan siang atau mengundang beberapa temannya untuk makan bersama. Menu sehat sederhana yang Anda siapkan untuk Si Kecil pasti akan terasa lebih lezat kalau dinikmati dengan cara-cara ini. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   makanan,   makan sehat,   kesehatan,   pola makan sehat








Cover Januari - Februari 2020