Mother&Baby Indonesia
Cara Ampuh Bujuk Balita untuk Melakukan Rutinitasnya

Cara Ampuh Bujuk Balita untuk Melakukan Rutinitasnya

Moms, Anda mungkin pernah mengalami sulitnya membujuk Si Kecil untuk mandi, makan, berpakaian, atau melakukan kegiatan rutin lainnya. Ada-ada saja tingkahnya, seperti cemberut, bilang tidak mau, sampai menggunakan alasan lucu: “Aku kan sudah mandi kemarin!”

Saat menghadapi penolakan seperti itu, tahan amarah Anda ya, Moms. Sebaliknya, pasang wajah gembira, lalu ajak Si Kecil melakukan permainan seru untuk membujuknya melakukan hal-hal yang menurutnya tidak menyenangkan tadi menjadi menyenangkan. Berikut beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk membujuk balita agar mau melakukan rutinitasnya.




Bernyanyilah!

Tidak perlu memiliki suara seindah penyanyi andal untuk menampilkan pertunjukan musikal buat Si Kecil. Ciptakan saja nada dan lirik lagu lucu atau parodi lagu populer saat ini, misalnya “Rambutku bagus sekali, pakai sampo tak ada kutu...” dengan nada seperti lagu Balonku. Semakin lucu dan aneh lirik lagu yang Anda ciptakan, semakin membuat Si Kecil girang dan ingin melakukan kegiatan tersebut.


Mama Salah, Aku Benar!

Ada kalanya Si Kecil lelah menjadi 'anak kecil' yang selalu disetir melakukan ini-itu oleh orang tuanya. Maka, begitu ia melihat kesalahan Anda, ia akan senang sekali menunjukkannya. Pakai trik ini untuk membuatnya merasa ‘menang’ hingga mau melakukan apa yang Anda inginkan.


Mimik dan Suara Lucu

Balita mudah sekali dibuat tertawa. Jadi bila ia rewel saat Anda memintanya makan sayur atau ganti popok, cobalah kembungkan pipi Anda, buat mimik muka yang lucu. Moms juga bisa menggelitiknya atau menirukan suara-suara binatang, kereta, mobil, sirene ambulans, dan sebagainya. Dengan begitu, Si Kecil pun akan lupa kalau makan sayur atau ganti popok adalah hal yang tidak disukainya.




Buat Situasi Imajinatif

Si Kecil senang dengan lingkungan orang dewasa, apalagi jika mereka dilibatkan di dalamnya. Ketika ia malah berlari menghindari Anda, misal saat ia harus mengenakan sepatu, ciptakan suasana imajinasi. Buat situasi seolah-olah Anda dan Si Kecil berada di sebuah toko sepatu. Lalu, jejerkan sepatu Anda, suami, dan milik Si Kecil. Ajak ia untuk mencoba seluruh sepatu. Nantinya ia akan mengetahui sepatunya sendiri dan dengan bangga akan mengatakan, “Ini sepatuku!”


Pertandingan

Adakan kontes seru dengan Si Kecil. Misalnya, adu cepat membuat busa lebih banyak saat Si Kecil harus mencuci tangannya, lomba menggenakan kaos kaki, atau lomba memungut mainan dan memasukkannya ke dalam kotak.


Tokoh Idolaku

Setiap anak punya tokoh idola. Maka, jadilah tokoh idola Si Kecil, seperti karakter kartun favoritnya. Tidak perlu menggunakan kostum (atau gunakan jika memang Anda memilikinya), tiru saja gerak-gerik atau suaranya. Misal ia menyukai Sponge Bob, katakan “Jika kau melihat Patrick, katakan aku, Sponge Bob, sedang sibuk mencuci rambutmu.” (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   membujuk balita,   rutinitas anak,   rutinitas balita