Mother&Baby Indonesia
8 Tips Mengajak Balita Salat Id

8 Tips Mengajak Balita Salat Id

Moms, Besok kita akan merayakan Idul Fitri. Anda dan keluarga pastinya tidak sabar menanti-nanti salat Idul Fitri yang hanya dilakukan 1 tahun sekali ini sebagai penanda hari kemenangan setelah Anda berpuasa selama sebulan lamanya. 

Namun, jika Anda memiliki anak balita, haruskah Anda membawanya ikut serta? Anda tentu juga ingin Si Kecil turut merasakan kehangatan dan suasana salat Id, namun pasti ada juga kekhawatiran Si Kecil merasa bosan dan rewel saat salat berlangsung.

Tenang Moms, Anda bisa kok, mengajak balita Anda untuk ikut mengikuti salat Id berjamaah. Tapi tentu ada beberapa hal yang harus Moms persiapkan terlebih dahulu agar salat Id kali ini menjadi pengalaman yang menyenangkan, baik untuk Anda maupun untuk Si Kecil.




1. Bicarakan Aturan Salat Id

Beberapa hari sebelum salat Id, bicarakan lebih dahulu rencana Anda mengajak Si Kecil untuk ikut salat Id berjamaah di masjid. Beritahukan kepadanya bahwa ia harus tenang, tidak banyak bicara, dan berjalan-jalan atau berlarian di area salat dilangsungkan, baik di lapangan terbuka maupun di masjid. Moms juga bisa melatihnya gerakan-gerakan salat terlebih dahulu dan ingatkan Si Kecil untuk mengikuti gerakan Anda saat salat berlangsung.


2. Pastikan Anak Cukup Tidur

Sehari sebelum sebelum salat Id, pastikan Si Kecil tidak terlalu letih beraktivitas. Ajak ia untuk tidur lebih cepat agar bisa bangun lebih pagi keesokan harinya. Dengan cukup tidur, Si Kecil juga akan bangun dengan suasana hati yang ceria. Jika suasana hatinya baik, kemungkinan besar ia tidak rewel saat diajak salat Id.


3. Sarapan Ringan Sebelum Berangkat

Perut yang kosong tentunya bisa membuat Si Kecil rewel. Sebaiknya berikan anak sarapan sebelum berangkat salat. Tidak perlu menu berat yang justru bisa membuat Si Kecil kekenyangan dan mengantuk. Setangkup roti isi, sereal dan susu atau buah potong juga cukup kok, untuk mengganjal perut Si Kecil.


4. Ke Kamar Mandi Dahulu

Moms, Anda tentunya tak ingin mengantar Si Kecil ke toilet di tengah-tengah salat, kan? Apalagi jika salat diadakan di lapangan luas yang belum tentu ada fasilitas toiletnya. Sebelum berangkat, ajak anak untuk buang air kecil dahulu di rumah. Jika Si Kecil masih belum bisa mengontrol hasrat buang airnya, untuk berjaga-jaga terjadi ‘kecelakaan’, ada baiknya pakaikan Si Kecil popok sekali pakai.




5. Baju yang Nyaman

Pilih pakaian yang sopan juga nyaman untuk Si Kecil. Usahakan yang berbahan katun dan lembut di kulit agar mudah menyerap keringat. Pakaian yang nyaman dapat membuat mood Si Kecil tetap baik sehingga meminimalisir faktor pemicu anak untuk rewel.


6. Bawa Baju Ganti, Mainan Kesayangan, Camilan, dan Botol Minum

Meskipun durasi salat Id tidak terlalu lama, tetap bawa baju ganti untuk berjaga-jaga apabila Si Kecil keringatan, menumpahkan minum ke baju dan segala kemungkinan lain. Untuk camilan, pilih yang tidak mengotori area masjid, dan pastikan juga mainan Si Kecil tidak menimbulkan bunyi-bunyian bising yang dapat mengganggu kekhusyukan salat.


7. Ajarkan Anak Membaca Takbir

Untuk mengantisipasi rasa bosan Si Kecil saat menunggu waktu salat, dudukkan ia di pangkuan dan ajak ia untuk melantunkan takbir bersama. Anak pastinya akan mudah menirukannya karena nada takbir yang seperti lagu. 


8. Beri Pujian Usai Salat

Meskipun terlihat sepele, impresi yang positif dari orang tua sangat bermakna bagi anak lho, Moms. Apabila anak mengikuti salat dengan baik, jangan segan untuk memberinya pujian. Dengan begitu, anak akan merasa bangga pada dirinya karena sudah bisa ikut salat Id di masjid bersama orang tuanya. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: tips mengajak balita salat id,   salat idul fitri,   balita salat,   balita,   anak