Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 9 Juni 2019 / Redaksi

Libur Lebaran jadi Lebih Bermakna dengan Aktivitas Ini

Bersilaturahmi sudah, makan ketupat beserta opor juga sudah. Terus, kegiatan apalagi yang bisa dilakukan Si Kecil untuk mengisi libur lebaran kali ini ya, Moms?

Bagi anak, liburan identik dengan kegiatan yang mengasyikan. Jadi, jangan heran jika mereka kerap meminta Anda untuk pergi ke tempat rekreasi atau sekadar menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain bersama teman-temannya kala libur sekolah tiba.

Namun Moms bisa lho, mengajak anak melakukan kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendidik selama libur lebaran. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama Si Kecil.




1. Mengunjungi Museum

Museum berisi benda-benda bersejarah yang perlu diketahui anak-anak. Dengan datang ke museum, Si Kecil tidak sekadar berekreasi tapi juga bisa menambah pengetahuannya. Moms disarankan untuk mencari tahu informasi benda-benda yang ada di museum terlebih dahulu sehingga bisa memberi penjelasan kepada anak. Dengan begitu, Anda tidak hanya membagi ilmu tapi juga memperkuat komunikasi dengan anak Anda.


2. Berlibur ke Kebun Binatang

Tempat liburan yang satu ini bukan hanya asyik dan menyenangkan, melainkan juga penuh dengan pengetahuan di dalamnya. Di kebun binatang, anak bisa melihat dan mengenal hewan yang biasanya hanya diketahui melalui layar televisi atau gambar di buku. Si Kecil bisa mendapat pengetahuan baru dengan memerhatikan tingkah laku hewan-hewan tersebut. 


3. Berlibur ke Tempat Bersejarah

Jika Moms kebetulan tengah pulang ke kampung halaman, tidak ada salahnya mengajak Si Kecil untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di kota kelahiran Anda. Kunjungan ke tempat seperti gua, situs penemuan fosil prasejarah, gedung-gedung bersejarah, atau ikon kota, tentu akan menambah pengetahuan anak Anda.




4. Berlibur dengan Membawa Buku

Buku juga bisa dibawa untuk mengisi waktu selama masa liburan. Tidak harus buku pelajaran sekolah, Moms juga bisa membekali Si Kecil buku-buku cerita, ensiklopedia, atau buku biografi tokoh-tokoh idolanya. Dengan gemar membaca, pengetahuan anak pun akan bertambah. Di sisi lain, kegiatan membaca juga menghilangkan kekhawatiran para Moms soal anak akan menjadi malas karena terlalu lama bersantai selama libur.


5. Berbagi dengan Sesama

Selain melakukan kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendidik, Moms juga bisa mengajak Si Kecil untuk melakukan kegiatan sosial. Anda bisa mengajak Si Kecil memasak, lalu membagikan makanan ke tetangga yang kurang mampu. Untuk alternatif lainnya, Moms bisa memintanya untuk menyisihkan mainan, buku-buku, atau pakaian yang masih bagus tapi sudah tidak terpakai, untuk disumbangkan ke panti asuhan.


6. Belajar Bercerita

Menjelang akhir masa liburan, minta anak Anda untuk bercerita soal kegiatannya untuk mengisi masa libur, baik secara tertulis maupun lisan. Dengan begitu, Si Kecil juga belajar untuk menyusun cerita serta menyampaikannya kepada orang lain. Kemampuan ini akan sangat menunjang aktivitasnya di sekolah. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

8 Tips Mengajak Balita Salat Id

Trik Lancar Mengajak Anak Bersilaturahmi Lebaran

Bolehkah Anak Bermain Sendiri? Ini Jawabannya, Moms

OTHER ARTICLES

Apakah Anda Terlalu Keras pada Anak? Ini Tanda-Tandanya

Waspada! Ini Bahaya Memakaikan Perhiasan pada Bayi

Ingin Mendonorkan Darah? Ini yang perlu Anda Perhatikan

Tren Fashion Terkini untuk Si Kecil

Bagaimana Meyakinkan Orang Tua dengan Pola Asuh Kini?