Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 7 Juni 2019 / Redaksi

Yuk, Ajarkan Anak Mengelola 'Salam Tempel' Lebaran

Hari raya Idul Fitri menjadi momen yang pas untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga, tak terkecuali bagi anak Anda. Si Kecil akan bisa semakin kenal dengan kakek dan nenek, juga om, tante dan sepupunya. Bahkan, bukan tidak mungkin ia juga akan mendapatkan ‘salam tempel’ saat berlebaran.

Jika Moms memiliki anggota keluarga yang banyak, jangan heran ketika Si Kecil akan menerima ‘salam tempel’ atau uang lebaran dengan jumlah yang cukup besar. Di sinilah peran Anda untuk mengajarkan Si Kecil cara mengelola uang yang ia peroleh agar tidak langsung habis tentunya. Ini caranya, Moms.




1. Mengenalkan Beretika dan Sopan Santun

Saat Si Kecil menerima angpau lebaran dari saudara, jangan lupa untuk mengajarkannya mengucapkan "Terima kasih". Dan ketika ia menerimanya, gunakan kedua tangan yang terbuka. Ini akan mengajarkannya untuk lebih sopan di depan orang. Sampaikan juga kepadanya agar tidak meminta sebelum diberikan.


2. Jangan Langsung Habis, Ya!

Setelah mendapatkan uang tersebut, mungkin Si Kecil akan langsung ingin membeli mainan. Ya, tentu Moms boleh memberinya izin, namun pastikan hanya satu mainan atau membawa uang dalam jumlah secukupnya saja. Jadi, Si Kecil juga bisa belajar untuk berhemat.




3. Sisa Uangnya Bagaimana, Ma?

Setelah berbelanja, Si Kecil mungkin akan penasaran "Bagaimana dengan sisa uang yang tidak dibelikan mainan tadi?” Ini menjadi saat bagi Anda mengajarkannya menabung. Cara sederhananya bisa dengan menyiapkan celengan berbentuk hewan atau dari botol/kaleng bekas. Moms juga bisa menjelaskan manfaat menabung, misalnya Si Kecil bisa pergi ke tempat yang ia sukai menggunakan uangnya sendiri.


4. Kenapa Jumlahnya Beda?

Mungkin secara tidak sengaja, Si Kecil mengetahui bahwa jumlah uang yang ia terima tidak sama dengan jumlah tahun lalu. Jika ini terjadi, Moms bisa jelaskan kepadanya bahwa besar atau kecilnya jumlah uang yang diberikan, ia tetap harus bersyukur. Sampaikan bahwa tidak semua orang atau sanak saudara mampu memberikan uang dalam jumlah yang sama.


5. Ajarkan Berbagi

Uang dari angpau lebaran yang ia terima tidak melulu dipakai untuk membeli mainan atau berjalan-jalan saja. Moms bisa mengajarkannya untuk berbagi dengan sesama, salah satunya melalui zakat di mesjid. Jelaskan bahwa orang akan senang saat menerima bantuan darinya. Ini juga bisa menumbuhkan rasa empati pada Si Kecil. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

8 Tips Mengajak Balita Salat Id

Trik Lancar Mengajak Anak Bersilaturahmi Lebaran

Bolehkah Anak Bermain Sendiri? Ini Jawabannya, Moms

OTHER ARTICLES

10 Cara untuk Menjadi Ayah yang lebih Baik

Efek Vakum pada Ibu Melahirkan

5 Mitos dan Fakta Mengenai Kecerdasan Newborn

Total Body Workout, Olahraga Efektif untuk Para Moms

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak