Home - Bayi - Perawatan Bayi / 23 Mei 2019 / Redaksi

10 Rekomendasi Krim Anti Ruam Popok Ampuh untuk Bayi

Moms, kulit bayi yang masih sangat lembut dan sensitif tentunya akan sangat peka jika terlalu lama bersentuhan dengan urine maupun fesesnya. Ruam popok biasanya ditandai dengan lecet, radang kemerahan pada area kulit yang tertutup popok, serta rasa gatal pada area tersebut. Biasanya, ruam ini terjadi pada bagian tubuh bayi yang tertutup popok, seperti bokong, lipatan paha, dan area sekitar kelamin.

Ruam popok pastinya dapat menganggu kenyamanan Si Kecil sehingga ia cenderung menjadi lebih rewel. Kalau sudah begitu, tentu Mom akan merasa cemas, kan? Tapi tidak usah khawatir, Moms. Ruam popok dapat dicegah dan diobati dengan pemakaian krim anti ruam popok, kok.

Berikut 10 rekomendasi krim ruam popok yang sudah terbukti ampuh untuk Si Kecil dari M&B. Dicoba yuk, Moms!




1. Sleek Baby Antibacterial Diaper Cream


Mengandung anti iritasi yang melindungi kulit bayi dari gesekan popok, serta ekstrak alpukat, shea butter dan argan oil untuk menjaga kelembapan kulit Si Kecil. Krim ini juga memiliki pH 5,5 sehingga cocok digunakan untuk bayi baru lahir.


2. Konicare Natural Baby Diaper Rash Cream


Krim ini akan menyejukkan kulit kemerahan akibat ruam popok sekaligus menjaga kulit Si Kecil agar tetap lembut dan sehat. Oleskan pada kulit bayi secara perlahan pada bagian yang mengalami ruam sebanyak 2x sehari. 


3. Sebamed Baby Diaper Rash Cream


Ekstrak chamomile-nya akan membantu menenangkan dan melawan peradangan pada kulit. Krim ini mengandung pH 5,5 yang aman untuk kulit newborn, serta panthenol yang akan merangsang proses penyembuhan. Selain ruam popok, krim ini juga bisa digunakan untuk mengatasi biang keringat dan gigitan nyamuk lho, Moms.


4. Beauty Barn Delicate – Soothing Diaper Cream


Terbuat dari bahan-bahan alami tanpa tambahan bahan kimia sehingga sangat cocok untuk newborn atau Si Kecil yang memiliki kulit super sensitif. Mengandung golden jojoba oil untuk merawat kesehatan kulit, shea butter sebagai pelembap alami dan anti radang, lavender untuk menenangkan kulit, serta tea tree sebagai disinfektan alami untuk mencegah timbulnya ruam popok.


5. Corine de Farme Nappy Change Cream


Produk asal Perancis ini dibuat dari 95% bahan alami, hypoallergenic, serta bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Krim ini mengandung vegetal glycerin, salah satu bahan pelembap yang paling alami, panthenol yang merupakan sumber vitamin B5 untuk mempercepat proses pemulihan, allantolin untuk menenangkan, serta zinc oxide yang dikenal untuk aksi pemurnian yang akan menciptakan lapisan pelindung diantara bokong bayi dan popok.




6. Naif Diaper Cream


Diaper cream ini diperkaya oleh vitamin E dan bisabolol (chamomile) untuk membantu melembapkan kulit kering dan sensitif, serta tambahan zinc oxide untuk efek mendinginkan. Tekstur krim sangat ringan dan mudah diaplikasikan di kulit. Seperti produk-produk NAIF lainnya, krim ini juga memiliki aroma natural yang menyegarkan.


7. Pure Baby Diaper Cream


Produk ini diklaim sebagai satu-satunya produk diaper cream yang menggunakan bahan-bahan berkualitas dengan grade low hazard (0-2) di Indonesia. Memiliki bahan utama zinc oxide sebagai zat aktif untuk mencegah iritasi kulit bayi, juga diperkaya oleh castor oil dan sunflower seed oil sebagai pelumas alami untuk menghaluskan dan menjaga kelembapan kulit area nappy


8. Mothercare All We Know Baby Nappy Cream


Moms, jangan kaget saat mendapati tekstur krimnya yang seperti ‘terendam air’. Produk ini memang diformulasikan mengandung banyak air, sehingga sangat aman bagi kulit bayi yang sensitif. Bahan-bahannya juga natural, tidak mengandung paraben, serta hypoallergenic sehingga tidak akan menimbulkan reaksi alergi. Bonusnya lagi, kemasannya cukup besar dan bisa bertahan untuk pemakaian kurang lebih selama 6 bulan.


9. Mustela Bebe Diaper Rash Cream


Aromanya harum, mudah digunakan serta dibersihkan. Memiliki kandungan zinc oxide untuk memberikan efek perlindungan, vitamin F untuk menyembuhkan ruam popok dengan cepat, serta shea butter untuk melembutkan dan menenangkan kulit. Kemasannya yang berupa tube juga mudah disimpan dalam tas untuk mengganti popok kapan saja.


10. Bepanthen Salep Bayi Ruam Popok


Cara kerja produk ini adalah merangsang perbaikan dan pertumbuhan sel-sel kulit baru. Setelah pemakaian, kulit yang mulai sembuh dari ruam akan terlihat sedikit terang dari kulit di sekitarnya. Tapi jangan khawatir Moms, kulit akan kembali ke warna asalnya seiring berjalannya waktu. Cukup oleskan tipis-tips pada kulit yang mengalami ruam sebanyak 2x sehari. Salep ini juga bisa dipakai untuk puting yang lecet karena menyusui, lho. Namun pastikan untuk mencuci bersih payudara dan puting sebelum menyusui Si Kecil, ya. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik, istimewa)

 

 


RELATED ARTICLE

Waspada dengan 6 Penyebab Bayi Menangis Kesakitan

Cegah Ruam Popok pada Si Kecil

Moms, Ini 5 Langkah Cegah Ruam Popok pada Bayi

OTHER ARTICLES

Efek Vakum pada Ibu Melahirkan

5 Mitos dan Fakta Mengenai Kecerdasan Newborn

Total Body Workout, Olahraga Efektif untuk Para Moms

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak

Tips Menyimpan Buah agar Matang Maksimal