Home - Bayi - Perawatan Bayi / 11 Mei 2019 / Redaksi

5 Cara Menerapkan ‘Bayi Hijau’ Sejak Dini

Vanessa Lachey, artis Hollywood, mengatakan bahwa menggunakan produk ramah lingkungan menjadi jaminan masa depan yang lebih baik bagi anaknya. Tampaknya, gaya hidup yang sama dengan Vanessa sudah diadaptasi oleh banyak ibu sekarang ini. Eco Baby, begitu istilahnya. Para ibu memilih untuk menggunakan produk ramah lingkungan untuk Si Kecil dan menerapkan gaya hidup ‘hijau’ alias ramah lingkungan.

Tertarik menerapkan gaya hidup seperti ini juga, Moms? Berikut beberapa perilaku hidup hijau yang bisa Anda mulai sejak sekarang.




1. Lebih Banyak Pakai Clodi

Clodi (cloth diaper) atau popok kain tentunya lebih ramah lingkungan dibanding popok sekali pakai (pospak). Karena proses produksi yang relatif lebih sederhana, clodi memiliki jejak karbon yang lebih sedikit. Clodi juga bisa dipakai berulang, sehingga tidak menghasilkan banyak sampah.


2. MPASI Rumahan

Makanan bayi instan selain mengandung zat-zat perasa dan pengawet, juga menghasilkan limbah sampah, sehingga kurang ramah lingkungan. Dengan MPASI rumahan, Anda bisa mengontrol nutrisi dan bahan yang digunakan untuk membuat makanan Si Kecil.


3. Ubah Fungsi secara Kreatif

Benda-benda keperluan bayi tidak harus baru. Anda bisa kreatif memanfaatkan barang-barang di sekitar untuk keperluan bayi. Bukannya pelit, hanya saja akan lebih baik Anda menerapkan prinsip reuse atau pakai ulang.

Misalnya, kotak bekas es krim kemasan kecil bisa jadi wadah kapas, lap, atau air bersih di meja ganti bayi. Botol plastik bertutup yang bisa dibuka-tutup dan berbunyi nyaring bisa diisi kancing atau kelereng untuk mainan dan hiburan bagi Si Kecil.



Anda pun tidak perlu beli mainan, yang biasanya hanya digunakan sebentar. Pot tanaman kecil dari plastik atau kaleng bisa dialihfungsikan menjadi wadah pernak-pernik bayi.


4. Mainan Ramah Lingkungan

Seperti yang Moms ketahui, kebanyakan mainan bayi atau mainan anak terbuat dari plastik. Bayangkan saja, berapa banyak plastik yang harus dipakai untuk memenuhi kebutuhan mainan anak di dunia. Untuk itu, Moms bisa memilih mainan anak yang terbuat dari bahan yang lebih ramah lingkungan. Salah satu contoh termudah yang bisa Moms terapkan adalah memberikan mainan anak yang terbuat dari kayu.


5. Hemat Pakaian Bayi

Pakaian bayi adalah salah satu kebutuhan yang waktu pakainya sangat singkat. Ya, tentu saja karena bayi Anda sangat cepat bertumbuh, sehingga baju ukuran newborn mungkin hanya bisa dipakai 2 minggu saja.

Nah, daripada baju-baju baru tersebut akhirnya hanya menumpuk di lemari, maka lebih baik pinjam, sewa, atau gunakan baju bayi lama dari keluarga atau teman Anda. Begitu juga dengan kebutuhan bayi lainnya. Jika bisa pinjam atau sewa, buat apa beli baru? (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Bayi Sering Muntah? Kena GER atau GERD?

Waspada Kolik, Bayi Menangis secara Berlebihan

Harga Perlengkapan Bayi yang Perlu Moms Ketahui

OTHER ARTICLES

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Ini Alasan Balita Terobsesi dan Suka Hal yang Sama

Lakukan Ini untuk Membangun Percaya Diri Bayi Anda!

Mengenal 4 Tipe Bayi, Manakah Tipe Si Kecil, Moms?

Yang Perlu Diperhatikan saat Balita Ikut Lomba 17-an