Mother&Baby Indonesia
Harga Perlengkapan Bayi yang Perlu Moms Ketahui

Harga Perlengkapan Bayi yang Perlu Moms Ketahui

Saat usia kehamilan Moms memasuki trimester terakhir, sudah waktunya bagi Anda untuk menyiapkan berbagai perlengkapan untuk bayi. Apalagi untuk anak pertama, ada banyak perlengkapan yang sudah harus disediakan untuk kebutuhan Si Kecil.

Namun saat akan membeli perlengkapan ini, jangan sampai Moms menjadi 'lapar mata'. Sebab, hal ini bisa membuat Anda membeli benda-benda yang sebenarnya tidak perlu dibeli. Agar memudahkan Moms dalam menyiapkan perlengkapan untuk bayi, simak daftar berikut ini, ya.




Perlengkapan Bayi yang Perlu Dibeli

1. Pakaian bayi

Salah satu yang cukup penting untuk dibeli di awal adalah pakaian bayi. Carilah bahan seperti katun yang nyaman untuk Si Kecil. Moms disarankan untuk membeli baju dan celana masing-masing setengah lusin, dan celana pup sebanyak 1-2 lusin.

Sedangkan untuk celana panjang yang menutup area kaki, siapkan seperlunya karena tubuh Si Kecil yang akan bertumbuh. Untuk perincian biaya, Moms bisa siapkan sebagai berikut:

• Baju bayi:

Baju lengan pendek Mulai Rp 12.000 – Rp 14.000/pcs 

Baju tanpa lengan Mulai Rp 10.000 – Rp 12.000/pcs 

Baju lengan panjang Mulai Rp 13.000 – Rp 15.000/pcs 

• Celana bayi:

Celana pendek Mulai Rp 5.000 – Rp 11.000/pcs 

Celana panjang tanpa tutup kaki Mulai Rp 11.000 – Rp 14.000/pcs 

Celana panjang dengan tutup kaki Mulai Rp 11.000 – Rp 14.000/pcs

2. Kaos kaki, topi, sarung tangan

Ketiga hal ini perlu disiapkan untuk menjaga tubuh dan kulit bayi yang masih sensitif, apabila terkena panas atau saat udara dingin. Untuk ini, Moms bisa menyiapkan:

Kaos kaki (tergantung model) Mulai Rp 5.000 – Rp 10.000/pasang

Topi (tergantung model) Mulai Rp 5.000 – Rp 10.000/pcs

Sarung tangan bayi Mulai Rp 7.500 – Rp 13.000/set

3. Selimut dan bedong



Selain pakaian, selimut dan bedong juga perlu dimiliki untuk menghangatkan tubuh bayi. Jika perlu, sediakan perlak yang bisa digunakan sebagai alas mengganti pakaian dan popok. Gendongan juga perlu disiapkan, apabila Anda mau mengajak Si Kecil berjalan-jalan. Biaya yang perlu disiapkan:

• Bedong

Bedong biasa Mulai Rp 70.000/6 pcs 

Bedong instan Mulai Rp 43.000/pcs

• Perlak Mulai Rp 9.000/pcs – Rp 32.000/pcs 

• Selimut bayi Mulai Rp 60.000/pcs

• Gendongan

Gendongan kain batik Mulai Rp 40.000/pcs 

Gendongan instan Mulai Rp 37.000/pcs


Perlengkapan yang Bisa Disewa

Selain perlengkapan di atas, mungkin ada beberapa barang lain yang Anda masukkan ke dalam daftar perlengkapan bayi. Namun, barang tersebut tidak masuk daftar di atas karena bisa Anda sewa. Selain menghemat tempat karena bisa dikembalikan setelah tidak lagi dibutuhkan, pengeluaran untuk keperluan Si Kecil pun menjadi lebih hemat. Beberapa barang tersebut di antaranya:

1. Tempat tidur

Setelah bayi lahir, Moms mungkin ingin menyiapkan tempat tidur untuk Si Kecil. Namun jika beli, selain harganya yang mahal, bayi Anda belum tentu bisa tenang di dalamnya. Agar tidak rugi, Moms bisa menyewa saja dengan model yang beragam. Jika sudah tidak diperlukan lagi, Anda pun bisa mengembalikannya dengan biaya yang lebih murah dibandingkan membeli.

2. Baby swing

Untuk menenangkan bayi, baby swing bisa menjadi solusi. Namun, alat ini biasanya tidak digunakan dalam waktu panjang atau hanya akan dipakai sampai usia Si Kecil 2 tahun. Jadi, dengan menyewanya akan lebih hemat, bukan?

3. High chair

Ketika Si Kecil sudah bisa menikmati MPASI, ia butuh duduk di high chair agar bisa lebih fokus dan tenang saat makan. Namun jika ia sudah semakin besar, maka bangku tinggi ini sudah tidak terpakai lagi. Jadi, akan lebih hemat jika Moms menyewanya hingga Si Kecil sudah tidak mau memakainya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   perlengkapan bayi