Mother&Baby Indonesia
Mengenalkan Budaya Betawi melalui FJGS 2019

Mengenalkan Budaya Betawi melalui FJGS 2019

Festival Jakarta Great Sale 2019 dimulai! Acara pembukaan FJGS 2019 ini diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan, di AEON Mall Jakarta Garden City pada 25 Mei 2019.

Perlu diketahui, Festival Jakarta Great Sale merupakan bagian dari perayaan ulang tahun DKI Jakarta. Acara ini sudah digelar sejak 2008. Untuk 2019, Festival Jakarta Great Sale akan berlangsung mulai 25 Mei hingga 23 Juni.

“Digelar bertepatan dengan momen puasa, Lebaran, dan libur sekolah, Festival Jakarta Great Sale diharapkan bisa menjadi ajang untuk menggerakkan roda perekonomian agar lebih baik lagi,” ujar Anies. “Kita ingin Jakarta, tingkat perekonomiannya meningkat dan penjualan retail pun berjalan dengan baik,” lanjutnya.



Dengan digelarnya FJGS 2019, Moms bisa membeli berbagai macam kebutuhan untuk keluarga dengan harga lebih murah. Program FJGS ini memang menawarkan sale di 82 pusat belanja, 34 gerai Pasar Jaya Jakmart dan Mini DC, 4 hotel, serta sekitar 50 UKM binaan Dekranasda DKI Jakarta.

Moms perlu tahu, UKM binaan Dekranasda DKI Jakarta merupakan perajin yang khusus memproduksi barang-barang dengan motif khas Jakarta. Saat ini terdapat sekitar 350 UKM dan terbagi menjadi beberapa kelas. Akan tetapi yang mengikuti FJGS 2019 hanya UKM yang berada di kelas A dan B saja.

“Kami menyesuaikan tempat penjualan dengan produk yang dipasarkan. Untuk FJGS 2019 memang target yang dituju untuk penjualan kelas A dan B,” ujar ibu Fery Farhati Baswedan, ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta. 

Secara khusus, Farhati juga berharap dengan keikutsertaan UKM di Festival Jakarta Great Sale 2019, budaya Betawi akan semakin dikenal masyarakat luas. Selain itu, para perajin juga memiliki wadah untuk berinteraksi dengan masyarakat.

“Dengan mengikuti FJGS 2019, kami berharap produk yang memperlihatkan ciri khas Betawi bisa diterima oleh masyarakat. Bukan tak mungkin, FJGS juga membuka jalan bagi para perajin di Jakarta untuk mengekspor produk-produk mereka ke luar negeri,” jelasnya.




Target Kaum Milenial

Sebagai catatan, Festival Jakarta Great Sale 2019 mengusung tema Shopping Spirit, dan secara khusus membidik kaum milenial. Hal serupa juga menjadi target Dekranasda. Mereka ingin agar kaum milenial juga melirik produk-produk khas Betawi yang dibuat perajin lokal.

“Sejumlah perajin Dekranasda sudah mulai mampu memproduksi barang kekinian, seperti Klambi Abite yang membuat pakaian yang saya kenakan hari ini,” ujar Farhati. Saat itu, ibu Gubernur memang terlihat modis dengan balutan busana bermotif khas Betawi dan lurik berwarna jingga.

“Ini adalah contoh baju batik yang memadukan lurik dengan motif Betawi, tapi tak terkesan tradisional,” ucap Farhati. Dengan mengemas budaya Betawi dalam produk kekinian, Dekranasda ingin agar hasil karya perajin Jakarta bisa diterima kaum milenial. 

Moms, ingin mendapatkan produk-produk hasil perajin di Jakarta? Selain di Balai Kota, kantor dinas pemerintahan kota Jakarta, dan Tamrin City, UKM binaan Dekranasda DKI Jakarta juga menggelar booth di delapan pusat belanja di Jakarta, salah satunya di AEON Mall Jakarta Garden City. (Wieta Rachmatia/SW/Dok.M&B)



Tags: festival jakarta great sale,   dekranasda,   ukm,   anies baswedan,   fery farhati