Mother&Baby Indonesia
Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda

Menjelang kelahiran buah hati, Moms dan Dads tentu sibuk mempersiapkan segala keperluan Si Kecil. Selain memilih perlengkapan terbaik untuk anak, yang juga tidak kalah penting adalah menentukan nama yang tepat untuknya.

Begitu banyak pilihan nama yang ada di benak Anda berdua, dan Anda pun harus memilih satu nama. Tenang, berikut ini M&B berikan panduan yang akan memudahkan Moms dan Dads dalam memilih nama yang tepat, tidak hanya untuk Anda berdua tapi juga untuk Si Kecil.




Bagaimana Kesan yang Ditimbulkan?

Langkah pertama adalah merasakan bagaimana kesan yang ditimbulkan oleh nama tersebut pada Anda berdua. Nama dapat memicu pemikiran bawah sadar tentang sesuatu yang disukai. Hal ini dapat menentukan panggilan orang terhadap Si Kecil, sekaligus apa yang orang pikirkan tentang Si Kecil.

Pertimbangkan juga apa nama panggilan maupun nama versi pendek yang kemungkinan muncul. Nama panggilan bisa menjadi hal yang baik, dan bahkan memberikan kepercayaan diri bagi Si Kecil selama nama tersebut bagus. Oleh karena itu, pikirkan juga asosiasi yang ditimbulkan dari nama panggilan Si Kecil tersebut.


Seberapa Populer?

Apakah nama pilihan untuk Si Kecil adalah nama yang juga dipilih oleh ribuan orang tua lain? Seberapa populer nama tersebut bisa menjadi kriteria penentuan bagi Anda. Sebagian orang tua suka dengan nama yang populer, tentu karena nama tersebut adalah nama yang terdengar keren. Akan tetapi, ada juga orang tua yang memilih nama yang unik dan tidak biasa.


Cocokkan dengan Nama Keluarga

Sudah puas dengan daftar nama-nama yang Anda buat? Sekarang lihat bagaimana nama-nama tersebut terdengar jika disandingkan dengan nama keluarga. Tulis nama lengkap tersebut. Bagaimana kelihatannya? Cek juga apakah huruf pertama atau singkatan dari nama lengkap Si Kecil tersebut secara tidak sengaja akan membentuk sebuah kata.




Sesuaikan dengan Harapan Anda

Orang mengatakan bahwa nama seorang anak merupakan doa dan harapan dari orang tuanya. Karena itu, pilihlah sebuah nama yang bisa menggambarkan keinginan dan harapan Anda terhadap anak Anda nantinya. Pikirkan juga apakah nama favorit pilihan Anda dan pasangan adalah nama yang cocok untuk Si Kecil ketika ia sudah dewasa nanti.


Lakukan Kompromi

Jika Moms dan Dads memiliki pendapat yang berbeda dalam menentukan nama pilihan, Anda tidak sendiri. Sebanyak 75 persen calon orang tua tidak sepakat dalam hal memilih nama anak mereka.

Salah satu solusinya adalah berkompromi. Ambil nama favorit masing-masing dan tuliskan keduanya pada secarik kertas. Apakah ada jalan untuk mengkombinasikannya? Contohnya, jika favorit Mom adalah Anna dan favorit Dad adalah Nelly, maka kedua nama tersebut bisa dikombinasikan menjadi Annelia.


Lakukan Uji Coba

Kemungkinan, sebagian nama yang Anda pilih merupakan nama yang tidak terlalu umum. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda menguji nama tersebut pada orang lain untuk mengetahui bagaimana reaksi mereka ketika mendengar nama tersebut. Gunakan nama itu, misalnya untuk membeli segelas kopi di kafe atau memesan tempat di restoran. Jika orang tersebut kurang paham bagaimana penyebutan atau penulisan namanya, bahkan hingga meminta Anda beberapa kali untuk mengucapkan nama tersebut, mungkin Anda harus mempertimbangkan kembali nama itu.

Uji juga pada teman-teman dan keluarga. Masukan dan reaksi mereka akan sangat berguna buat Anda.

Jika semua hal tersebut sudah dilakukan, Anda dan pasangan tinggal memilih dan mencocokkan apa nama yang akan diberikan pada Si Kecil. Ingat, yang terpenting adalah Anda berdua sama-sama menyukai nama yang dipilih untuk buah hati Anda. Selamat memilih! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   nama,   nama anak,   nama bayi,   memilih nama untuk anak