Mother&Baby Indonesia
Mau Tetap Profesional Bekerja saat Hamil? Ini Caranya!

Mau Tetap Profesional Bekerja saat Hamil? Ini Caranya!

Kehamilan memiliki efek yang kuat terhadap perubahan mood. Karena itu, selama kehamilan, sangat normal apabila calon Moms mengalami mood swing, emosi dan suasana hati yang naik turun.

Sebagian besar ibu hamil mengalaminya. Ada yang mengalami hal itu masih dalam batas-batas yang ringan dan mudah diatasi, tapi ada juga yang sudah hampir mencapai tahap depresi. Penyebabnya adalah perubahan tubuh dan hormon ibu hamil.

Memang, perubahan hormon di saat hamil kerap membuat mood Anda naik turun. Nah, buat Moms yang bekerja dan sedang hamil, Anda harus pintar-pintar mengatasi setiap perubahan agar dapat tetap lancar beraktivitas. Dan, ada triknya lho, agar Anda tetap dapat tampil profesional di kantor. Ini yang perlu Anda perhatikan, Moms.




Jaga Sikap

1. Saat meeting, pilihlah tempat duduk yang paling dekat pintu, agar Anda dapat mudah 'menyelinap' ke luar ruangan saat sewaktu-waktu harus segera ke toilet, misalnya.

2. Jika tak memungkinkan 'menyelinap' ke luar, sebaiknya minta diri dulu kepada peserta meeting yang lain, dan beritahu bahwa Anda tidak sedang dalam kondisi yang cukup sehat. Hal ini dilakukan agar rekan kerja lainnya memaklumi Anda dan tidak menganggap kondisi Anda ‘menghambat’ meeting.

3. Jika Anda sedang memberikan presentasi, gunakan jeda untuk mengambil napas panjang dan mengistirahatkan diri Anda sejenak, atau bila memungkinkan, persilakan rekan-rekan Anda untuk coffee break.

4. Jangan jadikan kehamilan sebagai alasan untuk menjadi manja dan menghindari beberapa tugas. Namun jangan ragu untuk meminta pertolongan pada rekan kerja jika Anda memang membutuhkannya.

5. Siapkan camilan sehat dan air minum yang cukup, sehingga Anda tak perlu sering-sering keluar untuk membeli makanan saat lapar dan efisiensi waktu kerja Anda pun tetap terjaga.




Jaga Kondisi

1. Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk keseharian Anda di kantor.

2. Posisikan barang-barang agar mudah dijangkau, sehingga Anda tidak perlu terlalu membungkuk atau naik ke kursi untuk mengambilnya.

3. Kehamilan membuat temperatur tubuh Anda naik. Sediakan selalu saputangan atau tisu siap pakai untuk menyeka keringat berlebih.

4. Hindari asap rokok dan knalpot di sekitar Anda. Tidak hanya buruk untuk janin, asap-asap itu juga dapat memicu tingkat kelelahan Anda.

5. Ketika presentasi atau Anda diminta berdiri, lakukan dengan tegak, angkat dada ke depan dan kencangkan otot perut Anda.

6. Tak perlu terburu-buru jika harus naik tangga. Berjalanlah dengan santai dan konstan sehingga ritme napas Anda tidak terganggu.

7. Beristirahatlah pada waktunya. Cobalah berjalan-jalan sebentar di sekitar ruangan jika Anda sudah duduk terlalu lama, dan sebaliknya. Dan berhentilah bekerja jika Anda lelah. Semakin keras Anda bekerja, semakin banyak Anda perlu beristirahat.

8. Buang air kecil setidaknya dua jam sekali. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   karir ibu,   ibu bekerja,   ibu profesional,   ibu hamil,   ibu hamil bekerja