Mother&Baby Indonesia
6 Makanan sebagai Asupan Penguat Kehamilan

6 Makanan sebagai Asupan Penguat Kehamilan

Moms, selama menjalani kehamilan, ada beberapa kondisi yang membuat kandungan menjadi lemah. Karenanya, ibu hamil diharuskan mengonsumsi makanan tertentu untuk dapat memperkuat kehamilan selama menjalaninya. Jika kondisi lemahnya kandungan tidak diperhatikan, maka risiko keguguran bisa lebih tinggi.

Ya, ibu hamil harus lebih selektif dalam memilih makanan demi kesehatan diri sendiri dan janin yang tengah dikandungnya. Perlu diketahui, sebagian besar wanita mengalami penurunan daya tahan tubuh selama periode kehamilan sehingga berpotensi memengaruhi janin. 

Tak jarang, dokter pun harus memberikan obat atau vitamin penguat kandungan guna mengurangi risiko keguguran dan kelainan pada janin. Biasanya, dokter mengambil tindakan tersebut apabila ibu mengalami kondisi sebagai berikut:



• Rahim, dinding rahim, atau serviksnya lemah.

• Selama kehamilan sering mengeluarkan flek atau bercak darah.

• Mengalami kontraksi dini.

Kendati demikian, vitamin dan obat-obatan bukan satu-satunya solusi untuk menjaga kondisi janin Anda. Moms juga bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan yang diyakini sebagai penguat kandungan. Berikut ini beberapa makanan yang dianjurkan untuk Moms konsumsi sebagai asupan untuk menguatkan kehamilan Anda:


Telur

Hampir semua jenis telur mampu menguatkan kandungan karena kaya omega-3 dan protein yang baik untuk kehamilan. Namun di antara semua jenis telur, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi telur bebek karena kandungan proteinnya paling tinggi.


Kecambah

Selain dapat menyuburkan kandungan dan meningkatkan kualitas sperma pria, kecambah merupakan penguat kandungan alami bagi ibu hamil. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara direbus sampai matang dan menjadikannya sebagai lalapan saat makan berat, Moms.




Yoghurt

Kandungan kalsium dan protein yang terdapat dalam yoghurt dapat memaksimalkan perkembangan janin, sekaligus menguatkan kandungan. Dengan mengonsumsi yoghurt secara rutin, ibu hamil pun akan terhindar dari sembelit dan osteoporosis.


Ikan Tawar

Ikan tawar sangat kaya akan kandungan protein dan omega-3 yang dibutuhkan ibu hamil selama menjalani kehamilan. Namun, hati-hati! Ikan tawar bisa sangat berbahaya jika mengandung merkuri atau Anda mengonsumsinya dalam keadaan mentah.


Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan asam folat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, juga terkandung vitamin C, vitamin K, serat, dan beragam zat mineral lainnya. Zat mineral sendiri dapat membantu mengurangi rasa mual atau kram yang sering dialami oleh ibu hamil.


Madu

Buat ibu hamil, madu bisa dijadikan sebagai glukosa alami yang aman untuk dikonsumsi. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi madu, Moms. Tak hanya bermanfaat untuk memperkuat kandungan saja, tetapi madu juga dapat memperkuat stamina ibu hamil, sehingga tetap bisa aktif dalam melakukan berbagai kegiatan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   makanan,   penguat kehamilan,   janin