Mother&Baby Indonesia
Resep Tetap Cantik Kala Hamil

Resep Tetap Cantik Kala Hamil

Siapa bilang Anda tak bisa tampil cantik kala hamil? Justru pada periode kehamilan, wanita sedang bersinar-sinarnya. Bahkan ada yang mengatakan, seorang ibu terlihat lebih seksi di kala hamil.

Moms, mungkin lebih mudah merasa lelah saat tengah mengandung. Akan tetapi kondisi tersebut sesungguhnya bukan alasan bagi Anda untuk tidak menjaga penampilan.

Buat ibu hamil yang juga bekerja, tampil cantik dan prima adalah kewajiban karena Anda harus bertemu rekan kerja atau bahkan klien. Sedangkan untuk Moms yang tinggal di rumah, menjaga penampilan tetap harus guna memanjakan mata suami. Yuk simak tips berikut ini agar Anda tetap bisa tampil cantik selama masa kehamilan.




Kulit Bercahaya

Pada umumnya, wanita sudah terbiasa menjaga kecantikan kulitnya dengan menggunakan pelembap atau body lotion. Namun di kala hamil, Anda harus lebih selektif dalam memilih jenis dan merek pelembap.

Disarankan, Moms memeriksa label pada kemasan guna memastikan apakah produk tersebut boleh atau tidak untuk ibu hamil. Anda bisa menggunakan produk perawatan yang mengandung vitamin C, tapi hindari lotion yang mengandung vitamin A. Vitamin C aman digunakan karena dapat membantu kerja usus dalam menyerap nutrisi dalam darah.

Di sisi lain, terlalu banyak vitamin A disinyalir bisa mengakibatkan cacat pada janin dan keracunan pada hati. Menurut penelitian di Eropa, kandungan vitamin A juga bisa mengakibatkan perkembangan tidak sempurna pada kepala bayi. Meski begitu, Anda tetap bisa mendapatkan vitamin A sebanyak mungkin dari buah maupun sayuran.

Sejauh ini memang belum ada bukti konkret pengaruh zat yang terkandung dalam produk perawatan tubuh terhadap bayi yang dikandung. Akan tetapi, tak ada salahnya Anda menghindari risiko yang mungkin bisa berakibat fatal bagi janin.

Sekadar tips, Moms bisa menyimpan pelembap di lemari es. Sensasi dinginnya dapat membantu Anda mengatasi rasa kepanasan yang sering datang menyerang pada masa kehamilan. Untuk kulit wajah, Anda bisa mengaplikasikan blush-on pada pipi sehingga terlihat lebih segar. Tidak perlu tebal-tebal, cukup tipis saja guna memberikan efek semu merah pada pipi.

 

Rambut nan Indah

Pada masa kehamilan, umumnya rambut Anda jadi kelihatan lebih bercahaya dan tebal. Hal ini disebabkan karena tubuh mengeluarkan hormon estrogen lebih banyak dari biasanya sehingga mampu mengurangi kadar minyak pada kulit kepala. Meski begitu, ada juga wanita yang rambutnya justru bertambah kering. Gunakan intensive conditioner untuk mengatasinya.

Selama kehamilan, tahan keinginan untuk mewarnai rambut. Meski masih menjadi kontroversi, sebaiknya Anda tidak mengambil risiko karena zat pewarna rambut terbuat dari bahan kimia.

Bila Anda ingin tetap kelihatan fresh, lakukan trimming setiap enam minggu sekali. Bantu juga kesehatan rambut Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam, kacang hijau, dan alpukat.




Mata Cerah

Untuk mengatasi mata sembap, gunakan potongan mentimun guna mengompres kedua mata. Mata yang sembap disebabkan peredaran darah yang kurang lancar atau kekurangan cairan pada ibu hamil. Untuk mengatasi masalah ini, Anda juga bisa menggunakan kantong teh chamomile yang telah disimpan dalam lemari es.


Tangan dan Kaki yang Indah

Satu hal lagi yang sering dialami ibu hamil adalah pembengkakan pada tangan dan kaki. Kondisi ini terjadi karena tekanan darah yang tinggi atau kekurangan cairan. Oleh sebab itu, perbanyaklah minum air putih untuk membantu dari dalam tubuh.

Untuk perawatan dari luar, Moms bisa membasuh tangan dan kaki menggunakan cairan cuka apel sambil menggosoknya secara perlahan. Lakukan rutinitas ini satu kali dalam sehari. Setelah itu, aplikasikan hand and feet lotion untuk menjaga kelembapannya sepanjang hari.

Untuk kaki, Anda juga bisa melakukan waxing atau membersihkan bulu-bulu dengan menggunakan bahan dasar gula yang dipanaskan. Penggunaan krim penghilang bulu lebih berisiko karena mengandung bahan kimia.


Kuku-Kuku Cantik

Konon, kuku lebih cepat panjang saat Anda hamil. Masalahnya, rutinitas memotong kuku tak mudah dilakukan, terutama saat perut sudah terlihat besar. Oleh sebab itu, lakukan manicure dan pedicure secara teratur supaya penampilan kuku Anda tetap rapi, cantik, dan tidak mengganggu.


Bebas Stretchmark

Tahukah Moms? Yoga dan pilates bisa membebaskan Anda dari stretchmarck karena dapat mengencangkan otot. Mengaplikasikan krim khusus stretchmark yang aman ibu hamil juga bisa membantu proses ini. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   cantik,   perawatan wajah,   stretchmark,   rambut,   wajah








Cover Januari - Februari 2020