Mother&Baby Indonesia
Tips Mudik Nyaman bagi Ibu Menyusui

Tips Mudik Nyaman bagi Ibu Menyusui

Mudik atau pulang kampung menjelang Lebaran sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Indonesia. Meski harus menghadapi risiko kemacetan selama berjam-jam, banyak orang yang memilih untuk tetap merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar di kampung halaman.

Nah, bagi Moms yang menyusui, diperlukan persiapan ekstra untuk menghadapi perjalanan panjang kembali ke kampung halaman, khususnya jika menggunakan mobil pribadi. Berikut ini adalah tips yang perlu diperhatikan agar ibu menyusui bisa nyaman selama berada dalam perjalanan mudik.




1. Buat Daftar Perlengkapan yang Akan Dibawa

Cukup banyak perlengkapan 'tempur' ibu menyusui yang harus dibawa kala mudik ke kampung halaman. Agar tidak ada yang tertinggal, Eka Iyank, Konselor Menyusui dan Anggota Divisi Komunikasi Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), menyarankan Moms untuk membuat daftar terlebih dahulu. Barang yang wajib dibawa oleh ibu menyusui termasuk apron, baju dan bra menyusui, breast pad, pompa asi, ice gel, air putih, hand sanitizer, botol ASIP, bantal menyusui, serta tisu basah. Taruh semua perlengkapan ini dalam satu tas agar Anda mudah mengambilnya saat diperlukan.


2. Bawa Camilan dan Air Putih

Menyusui bisa menguras energi Anda. Karena itu, sebaiknya sediakan camilan untuk dimakan selama perjalanan. Camilan sehat seperti buah-buahan sangat baik dijadikan pilihan karena bisa menjadi booster ASI. Pilih buah yang tidak cepat membusuk dalam perjalanan. Selain itu, Moms juga harus cukup minum agar produksi ASI juga lancar dan terhindar dari dehidrasi. Sediakan setidaknya 2-3 liter air selama dalam perjalanan.


3. Cari Posisi Nyaman

Kenyamanan menyusui juga tergantung pada moda transportasi yang Anda pilih. Tentunya, Anda akan merasa lebih nyaman dan leluasa menyusui apabila menggunakan mobil pribadi. Dengan menggunakan kendaraan sendiri, Anda tentunya bisa berhenti sebentar untuk menyusui Si Kecil. Jika Anda menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus, atau pesawat terbang, sebaiknya pilih tempat duduk yang nyaman dan tidak menyulitkan Moms saat menyusui. Jangan lupa, susui Si Kecil sebelum naik ke pesawat atau jenis transportasi lainnya.




4. Memberi ASI dari Payudara

Selama perjalanan, Moms disarankan untuk menghindari pemberian dot empeng atau botol kepada Si Kecil. Alasannya, peralatan tersebut akan lebih mudah terpapar kotoran dan debu di tempat terbuka. Memberi ASI langsung dari payudara merupakan opsi paling tepat. Oleh sebab itu, jangan lupa kenakan baju yang nyaman dan mudah dibuka atau tutup saat akan menyusui bayi Anda.


5. Nikmati Perjalanan

Perjalanan mudik bisa menguras energi fisik dan psikis Anda. Sementara menyusui memerlukan ketenangan pikiran. Karena itu, Moms harus bisa menikmati momen menyusui anak selama berada dalam perjalanan. Perasaan tenang Anda tersebut akan dirasakan Si Kecil sehingga ia bisa menyusu dengan baik. Jadi, nikmati perjalanan dan selalu berpikir positif ya, Moms.


6. Jaga Kesehatan

Perjalanan pulang ke kampung halaman biasanya memakan waktu yang cukup lama. Sebelum berangkat, Moms harus memastikan diri dalam keadaan fit. Konsumsi makanan yang bergizi dan vitamin. Jangan lupa, jaga kesehatan Si Kecil. Pastikan kondisinya juga dalam keadaan sehat. Untuk bayi yang baru berusia beberapa bulan, sebaiknya Moms berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan Si Kecil cukup fit diajak menempuh perjalanan jauh.


7. Pergi Bersama Suami

Moms, melalui perjalanan mudik hanya berdua dengan bayi, tidak mudah untuk dilakukan. Usahakan agar Anda bepergian bersama suami atau anggota keluarga lain. Bantuan mereka akan sangat diperlukan selama perjalanan, contohnya membantu menggendong bayi saat Moms merasa lelah, menjaga barang berharga, atau mengambil perlengkapan menyusui. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: lebaran,   idul fitri,   mudik,   pulang kampung,   ibu menyusui,   pompa asi,   bra menyusui