Mother&Baby Indonesia
Moms, Yuk Kenali Usia Tubuh Anda Pasca Melahirkan

Moms, Yuk Kenali Usia Tubuh Anda Pasca Melahirkan

Karena lelah dan kurang tidur, menjadi ibu baru terkadang membuat Anda merasa berumur 100 tahun. Seperti bentuk tubuh tak lagi sama, perut yang lebih besar, rambut yang lebih tipis, semua itu membuat Anda merasa jauh lebih tua dari saat sebelum memiliki Si Kecil. Tapi ternyata, ada beberapa bagian tubuh yang jadi lebih muda lho, Moms.

Para ahli mengatakan bahwa pasca-persalinan, tidak semua bagian tubuh berubah atau bertambah usianya. M&B punya ‘bocoran’ usia tubuh yang dapat ditambah atau dikurangi dengan usia Anda sekarang untuk mengetahui fakta tentang tubuh Anda, Moms. Ini dia penjelasannya.




Kebugaran Tubuh (-2 tahun)

Pasca melahirkan, Anda akan lebih bugar. Anda akan merasa 2 tahun lebih muda. Hal ini karena Anda akan menjadi lebih aktif dengan mengurus Si Kecil, apalagi jika Anda menyusui. Penelitian menemukan bahwa 83 persen ibu lebih semangat menjaga pola makan dan 63 persen ibu lebih semangat berolahraga setelah melahirkan. “Olahraga akan membuat tubuh terasa lebih segar,” ujar James Duigan, penulis The Clean And Lean Pregnancy Guide.


Rahim (+2 tahun)

Saat melahirkan, rahim Anda bertambah berat sekitar 14 kali dibandingkan sebelum hamil. “Ketika melahirkan, rahim Anda akan bekerja keras untuk kembali ke bentuk semula, ini akan memakan waktu sekitar 6 minggu,” ujar Dr. Sarah Brewer, penulis Planning A Baby.

Namun, rahim juga tak akan kembali persis seperti sedia kala karena ligamen berubah. “Ini tak akan memperburuk kesehatan Anda, tapi rahim Anda akan lebih lemah dan otot-otot sekitarnya juga tidak sekuat sebelum melahirkan,” ujar Dr. Sarah.


Rambut (+1 tahun)

“Saat hamil, rambut Anda berada dalam keadaan yang paling baik. Hormon dan aliran darah yang meningkat membuat rambut Anda sangat indah,” uhar Daniel Galvin, Jr, seorang hairdresser. Namun begitu Anda melahirkan, rambut akan rontok.

Karena adanya perubahan hormon, beberapa ibu bahkan mengalami kerontokan yang cukup parah. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa rajin melakukan perawatan di salon atau memakai rangkaian perawatan rambut yang cocok untuk Anda.




Payudara (-10 tahun)

Kabar baik! Percaya atau tidak, memiliki bayi akan berdampak pada payudara Anda yang tampak lebih baik dari sebelum melahirkan. “Kehamilan dan menyusui berdampak langsung pada bentuk payudara Anda. Selain itu, menyusui juga dapat memperkecil risiko Anda terkena kanker payudara,” ujar Dr. Sarah.

Terutama jika Anda melahirkan di usia kepala 2. ada yang bentuknya lebih besar, ada pula yang jadi lebih kecil. Namun semuanya terlihat lebih bagus. Ia menyarankan agar Anda tidak menurunkan berat badan terlalu drastis karena akan membuat payudara lebih turun. Kemudian, Anda juga harus memakai bra yang sesuai dengan ukuran payudara, jangan terlalu sempit ataupun terlalu longgar.


Wajah (+5 tahun)

“Hormon progesteron yang meningkat saat hamil, membuat wajah terlihat lebih bersinar. Berbeda dengan setelah melahirkan, wajah Anda akan tampak lebih tua dan tidak bersinar seperti saat hamil,” ujar Dr. Michael Prager, seorang dermatologis.

Terbangun larut malam karena tangisan Si Kecil, stres mengurus bayi serta kurangnya waktu untuk merawat diri sendiri juga dapat menjadi penyebab hal ini. James menyarankan agar Anda tidak mengonsumsi gula terlalu banyak agar kesehatan kulit dan wajah lebih terjaga.


Otak (-3 tahun)

Saat hamil, ibu kerap mengalami baby brain atau mudah lupa. Namun, lupakanlah hal tersebut jika Anda sudah melahirkan. Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa memiliki bayi dapat meningkatkan kinerja otak ibu.

Saat hamil, kemampuan otak dapat berkurang 6 persen, namun saat melahirkan kemampuannya akan kembali bahkan lebih berkembang. “Menjadi ibu juga dapat membuat Anda lebih terorganisir, tentu ini akan membuat Anda juga lebih pintar. Anda dapat mengonsumsi omega 3. ini akan menambah kekuatan otak Anda,” saran Dr. Sarah. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu habis melahirkan,   ibu menyusui,   bentuk tubuh ibu usai melahirkan