Mother&Baby Indonesia
Perlukah Minum Susu Khusus untuk Ibu Menyusui?

Perlukah Minum Susu Khusus untuk Ibu Menyusui?

Agar kualitas dan kuantitas ASI terjaga, ibu menyusui perlu mengonsumsi aneka makanan bergizi. Moms bisa mengonsumsi makanan apa saja, asalkan kaya nutrisi dan diproses dengan cara yang tepat. Dengan begitu, ASI untuk Si Kecil pun menjadi semakin lancar dan berkualitas.

Semua ibu menyusui pasti mengonsumsi makanan terbaik untuk meningkatkan kualitas ASI-nya, yang bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Namun, perlukah mengonsumsi susu khusus untuk ibu menyusui?




Tergantung Kebutuhan

Sesungguhnya, perlu atau tidaknya busui minum susu khusus ibu menyusui tergantung dari kondisi masing-masing individu. Jika Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian, terutama yang dibutuhkan untuk menghasilkan ASI, maka susu khusus menyusui tidak dibutuhkan lagi. Namun jika asupan vitamin dan mineral harian Anda kurang baik, maka susu khusus menyusui bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut.

Walau banyak busui yang merasakan manfaat susu khusus menyusui, namun tidak berarti susu ini bisa dikonsumsi oleh semua ibu lho, Moms. Contohnya, jika ibu menyusui alergi dengan susu atau kandungan lain yang terdapat di dalam susu khusus menyusui tersebut. Anda juga perlu menghentikan konsumsi susu khusus menyusui, jika timbul reaksi alergi pada bayi Anda. Ingat ya, Moms, apa pun yang Anda konsumsi, Si Kecil juga akan merasakannya, lho.


Benarkah Susu bisa Melancarkan ASI?

Pada dasarnya, kandungan yang terdapat dalam susu untuk ibu menyusui sama saja dengan susu sapi pada umumnya, hanya saja bisa ditambahkan lebih banyak vitamin dan mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan harian Anda.

Adapun zat yang bisa melancarkan ASI disebut dengan galaktogog atau obat pelancar ASI. Namun ingat, tidak semua orang diperbolehkan minum galaktogog ya, Moms.

“Pemberian galaktogog (zat yang dapat meningkatkan produksi ASI) dapat dibenarkan secara medis pada kasus ibu adopsi atau induksi laktasi, relaktasi setelah menyusui terhenti, serta merangsang suplai ASI ibu dari bayi prematur,” ujar dr. Wiyarni Pambudi, Sp.A, IBCLC, dokter spesialis anak dan konsultan laktasi dari Brawijaya Clinic Kemang. 

Dr. Wiyarni juga menyarankan, sebelum diberikan galaktogog, dibutuhkan bantuan profesional untuk menilai riwayat menyusui lengkap. Ingat, penggunaan obat-obatan pelancar ASI akan lebih aman di bawah pantauan dokter ya, Moms.


Kandungan dalam Susu Ibu Menyusui

Jika Anda ingin mengonsumsi susu untuk ibu menyusui, maka pilihlah produk yang memiliki beberapa kandungan nutrisi penting ini di dalamnya.

1. Kalsium. Tubuh tidak dapat menghasilkan kalsium, maka diperlukan ‘bantuan’ dari luar tubuh untuk memenuhi kebetuhan kalsium Anda, salah satunya lewat makanan dan minuman seperti susu. Bagaimana dengan kebutuhan kalsium bayi? Ia akan mengambilnya dari cadangan kalsium di tubuh Anda. Maka ibu menyusui perlu mengonsumsi banyak makanan dan minuman tinggi kalsium, karena kebutuhan Anda dan Si Kecil juga sedang tinggi.

2. DHA. Ini penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak agar ia cerdas. Nah, Moms bisa membantu memenuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung AA/DHA.

3. Asam folat. Ini diperlukan sebelum, saat, dan setelah hamil. Kualitas ASI Anda juga akan semakin baik jika kebutuhan asam folat Anda terpenuhi lho, Moms.



4. Sari daun katuk. Bukan rahasia lagi, daun katuk memang merupakan pelancar ASI alami. Banyak susu ibu menyusui yang mengandung sari daun katuk yang bisa Moms coba.

5. Zat besi. Semua vitamin dan mineral memang sangat vital untuk ibu menyusui, namun zat besi bisa dibilang salah satu yang tidak boleh kekurangan ya, Moms.


Rekomendasi Susu untuk Ibu Menyusui

Ada banyak merek susu untuk ibu menyusui yang bisa dicoba sesuai kebutuhan dan selera Anda. Berikut rekomendasi kami:

1. Prenagen Lactamom


Ini pilihan yang tepat untuk Anda yang mau minum susu dengan berbagi pilihan rasa, seperti cokelat, vanilla, dan moka. Susu ini juga tinggi kalsium, omega-3, omega-6, zat besi, dan kolin. Semuanya penting untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

2. Anmum Lacta


Selain vitamin dan mineral yang cukup lengkap, susu ini juga mengandung serat pangan inulin, suatu probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna Anda.

3. Enfamama A+


Tidak hanya rasanya yang enak dan tidak membuat Anda mual, susu ini juga kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu menyusui. Enfamama A+ baik dikonsumsi untuk ibu hamil maupun ibu menyusui, karena kaya akan asam folat, protein, kalsium, dan zat besi. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: menyusui,   laktasi,   galaktogog,   asi,   tips,   susu,   vitamin,   mineral,   ibu menyusui








Cover Januari - Februari 2020