Mother&Baby Indonesia
5 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan di Kantor

5 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan di Kantor

Menurut survei Cintas Corporation, 84 persen pegawai kantor mengaku tetap bekerja, meskipun dalam keadaan sakit. Sebanyak 45 persen di antaranya tidak memberitahukan rekan-rekannya kalau mereka sedang sakit. Untuk itu, menjaga kesehatan sangat penting ya Moms, agar performa Anda di kantor juga selalu baik. Nah, ikuti beberapa tips agar selalu sehat di kantor berikut ini yuk, Moms.


1. Selalu Waspada

Tahukah Anda bahwa keran wastafel di toilet, gagang pintu di ruang istirahat, pegangan kulkas, dan keyboard komputer Anda merupakan tempat favorit bagi kuman penyakit? Oleh karena itu, bersihkanlah ruangan Anda setiap hari dengan menggunakan cairan desinfektan agar terbebas dari kuman-kuman tersebut. Selain itu, biasakan untuk mencuci tangan setelah menyentuh barang-barang umum, seperti kulkas, microwave, keran, dan pegangan pintu.




2. Jaga Kebersihan Diri

Meski hanya duduk di depan komputer, tidak berarti Anda terbebas dari serangan kuman penyakit. Jagalah kebersihan diri Anda sebisa mungkin. Sempatkanlah untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah membaca majalah di ruang tunggu, serta setelah melakukan rapat yang mungkin mempertemukan Anda dengan orang-orang baru dan bersalaman dengan mereka.

Jangan lupa, mencuci tangan tidak cukup dengan air saja lho, Moms. Anda harus menggunakan sabun pembersih kuman selama 20 detik agar dapat memberantas kuman-kuman yang mungkin bersarang secara maksimal.


“Kantor ternyata merupakan tempat yang cukup potensial untuk menyebarkan kuman penyakit.”




3. Asupan Cairan

Dehidrasi yang dikombinasikan dengan kurang tidur dan stres akibat pekerjaan yang tidak kunjung selesai akan membuat daya tahan tubuh Anda menurun. Akibatnya, Anda menjadi rentan terserang berbagai macam penyakit. Selalu sediakan sebotol air putih di meja kerja agar Anda tidak lupa untuk minum, sehingga kebutuhan cairan pun dapat terpenuhi dengan baik. Anda juga dapat menambahkan potongan lemon atau teh herbal untuk menambah kesegaran.


4. Sebotol Vitamin

Apabila tubuh Anda memang cukup rentan terserang penyakit, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan vitamin atau suplemen tambahan, seperti vitamin C atau zinc. Vitamin dan suplemen tersebut sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Tetapi, gunakan vitamin atau suplemen secara bijaksana sesuai anjuran dokter dan aturan pemakaiannya ya, Moms.


5. Jangan Sentuh Wajah Anda

Ketika Anda mulai merasa stres dengan pekerjaan, biasanya Anda akan mengucek mata, menyentuh wajah, dan menggigiti kuku atau pulpen. Semua hal tersebut tanpa disadari akan menyebarkan kuman ke mata, hidung, mulut, dan memberikan akses untuk masuk ke dalam tubuh dengan mudah.

Sistem kekebalan tubuh Anda pun akan diserang. Maka, sebisa mungkin jangan sentuh wajah Anda selama bekerja. Jika harus melakukannya, pastikan bahwa Anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: kantor,   karier,   kesehatan,   ibu bekerja,   sehat di kantor