Home - Nutrisi - Nutrisi / 21 Mei 2019 / Redaksi

Menu Sehat dan Praktis untuk Sahur

Selama berpuasa, tubuh diharuskan untuk bertahan selama 12 hingga 13 jam tanpa asupan makanan dan minuman. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga asupan gizi pada saat sahur dan berbuka.

Sayangnya, rasa kantuk yang melanda terkadang membuat Anda malas untuk memasak atau mengonsumsi makanan 'berat' saat sahur. Alhasil, kecukupan gizi Anda dan keluarga menjadi kurang terpenuhi.

Namun Moms tidak perlu khawatir. Sesungguhnya kondisi semacam ini bisa disiasati. Berikut adalah contoh menu praktis tapi mengandung nilai gizi tinggi yang cocok untuk sahur Anda.




1. Roti Sandwich dan Susu

Lagi enggan mengonsumsi nasi dan lauk-pauknya pada saat sahur? Roti sandwich bisa menjadi alternatif. Pilih roti yang terbuat dari gandum agar lebih banyak serat yang masuk ke dalam tubuh Anda. Untuk sumber proteinnya, Anda bisa menambahkan sosis dan telur. Lantas sebagai sumber vitamin dan mineral, Anda bisa tambahkan selada, timun, dan tomat.

Susu bisa dijadikan minuman pendamping untuk menikmati sajian ini agar nutrisi yang Anda dapatkan bisa lebih lengkap. Jika belum kenyang, Anda juga bisa makan buah seperti pisang atau apel.


2. Mie Goreng Sayuran

Mie merupakan salah satu sumber karbohidrat. Jika ingin lebih sehat, lengkapi masakan mie Anda dengan berbagai sayuran seperti sawi, kol, dan wortel. Jangan lupa tambahkan sumber protein berupa bakso, sosis, telur, ayam suwir, atau berbagai jenis seafood kesukaan Anda.


3. Oatmeal dengan Sayuran atau Buah

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang akan diserap secara perlahan oleh tubuh. Akan tetapi, oatmeal saja mungkin tidak cukup bagi Anda. Jika ingin lebih sehat, Anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan campuran sayuran dan sumber protein. Tambahkan brokoli, wortel, jagung, dan sayuran lainnya yang telah direbus atau ditumis ke dalam semangkuk oatmeal Anda. Untuk sumber protein, Anda bisa memasukkan olahan ayam, daging, atau telur sebagai sumber proteinnya. 

Jika Anda penyuka buah, Anda juga bisa membuat oatmeal dengan campuran buah-buahan plus yoghurt atau madu. Segelas susu juga bisa melengkapi oatmeal Anda.




4. Salad Sehat

Untuk menu sahur, salad juga bisa menjadi salah satu alternatif menu makanan praktis sekaligus sehat. Agar salad yang Anda konsumsi cukup memenuhi kebutuhan gizi Anda, pastikan salad tersebut memenuhi unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Karbohidrat bisa Anda dapatkan dari kentang dan makaroni yang ditambahkan ke dalam salad. Untuk protein, Anda bisa memasukkan daging, ayam, ikan tuna, keju, atau telur. Vitamin dan mineral bisa didapatkan dari banyak sayuran, seperti selada merah, selada hijau, wortel, timun, dan tomat. Sebagai dressing, Anda bisa menambahkan mayones atau minyak zaitun yang notabene sumber lemak dalam menu sahur Anda.


5. Nasi Goreng

Menu praktis yang sudah sangat populer. Jika bosan memasak nasi goreng menggunakan kecap, Anda bisa menggunakan kencur. Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan telur, ayam, bakso, maupun sosis. Sertakan pula irisan timun, wortel, kol, sawi, atau brokoli sebagai sumber serat ke dalam nasi goreng Anda.


6. Tumis Brokoli Saus Tiram

Moms tentu sudah tahu, brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang kaya serat dan vitamin. Brokoli bisa menjadi teman nasi putih Anda saat sahur. Masak brokoli dengan cara ditumis. Tambahkan jagung muda dan jamur kuping sebagai pelengkap. Untuk sumber protein, Anda juga bisa mencampurkan potongan kecil ayam atau bakso.


7. Telur Dadar Isi

Telur dadar merupakan menu praktis, tapi memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Agar gizinya semakin lengkap, Anda bisa mencampurkan telur dadar dengan daging, kornet, keju, dan wortel yang diiris tipis memanjang atau sayuran lainnya. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

10 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Makanan Yang Membuat Awet Kenyang Saat Puasa

Pentingnya Vitamin D Saat Hamil

OTHER ARTICLES

10 Cara untuk Menjadi Ayah yang lebih Baik

Efek Vakum pada Ibu Melahirkan

5 Mitos dan Fakta Mengenai Kecerdasan Newborn

Total Body Workout, Olahraga Efektif untuk Para Moms

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak