Home - Nutrisi - Nutrisi / 14 Mei 2019 / Redaksi

5 Makanan Pencegah Tantrum pada Anak

Makanan yang kaya nutrisi untuk Si Kecil? Wah, ini pasti menjadi prioritas semua ibu di dunia, ya. Namun ternyata, Moms sebaiknya tidak asal dalam memberikan makanan untuk anak, walaupun makanan tersebut dinilai kaya nutrisi. Anda perlu mengetahui makanan apa yang bisa memberikan dampak positif untuk anak, agar ia bisa lebih mudah konsentrasi dan tenang.

Jika makanan yang diberikan tidak tepat, maka mood dan konsentrasi anak bisa terganggu, hingga terjadilah tantrum. Nah, untuk mencegah kemungkinan tersebut, ketahui beberapa jenis makanan yang ternyata efektif mencegah tantrum pada anak yuk, Moms.




1. Bubur Gandum

Semangkuk bubur gandum atau makanan lain yang berbahan dasar gandum dapat menjadi menu sarapan yang sangat baik untuk anak. “Gandum melepaskan energi untuk anak secara perlahan dan berangsung-angsur, maka tingkat energi anak tidak akan langsung meroket setelah mengonsumsinya, yang bisa membuat anak mudah lapar, bad mood, dan rentan tantrum,” jelas Lowri Turner, seorang dokter ahli gizi, seperti dikutip oleh Mother&Baby UK.


2. Salmon

Tak hanya enak dan mudah dibuat, salmon dan ikan-ikan berminyak lainnya sangat baik untuk membantu menjaga sikap anak. Salmon, mackerel, sardine, dan ikan berminyak lainnya kaya akan asam lemak omega-3, termasuk DHA. 

“Ini membantu signal elektrik pada otak anak agar lebih mudah melepaskan sel untuk satu sama lain, sehingga meningkatkan fungsi otak dan konsentrasi anak,” ujar Saidee Bailey, pakar gizi asal Inggris. Dengan begitu, anak Anda akan menjadi lebih tenang, lebih fokus, dan tentunya terhindar dari tantrum.




3. Telur

Begitu banyak menu kreatif yang bisa Anda buat dari telur. Tak heran kalau telur selalu menjadi menu andalan para Moms yang memiliki anak picky eater, ya. “Telur kaya akan tyrosine, yang digunakan untuk membuat dopamin kimia otak. Fungsinya sangat banyak, salah satunya menciptakan motivasi. Inilah yang membuat balita Anda bangkit lagi ketika ia gagal,” ujar Lowri. Wah, kalau begitu, anak pasti juga jadi tidak akan mudah tantrum ya, Moms.


4. Ayam atau Kalkun

“Unggas adalah sumber tryptophan, sebuah asam amino yang dibutuhkan untuk membuat hormon bahagia: Serotonin. Ini membantu anak selalu dalam mood yang baik, dan mengurangi risiko tantrum,” jelas Lowri.


5. Bayam

Mungkin inilah salah satu jenis sayuran yang rasanya enak dan tidak terlalu berbau pahit khas sayuran hijau. Berita baiknya, bayam tak hanya enak diolah menjadi aneka jenis masakan, tetapi juga bisa berfungsi untuk mencegah anak tantrum. “Bayam dan kale sangat kaya akan zinc dan magnesium, dua jenis mineral yang penting untuk perkembangan otak. Bayam juga kaya akan vitamin B, yang berkaitan erat dengan zat pembangkit mood,” jelas Saidee. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Sejuta Manfaat Yoghurt untuk Buat Hidup Lebih Sehat

10 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

5 Hal yang Harus Ada di Piring Makan Anak

OTHER ARTICLES

Dos dan Don’ts untuk Wujudkan Kulit Sehat dan Cantik

Ketahui Alasan di Balik Aksi Tutup Mulut Anak Anda

Benarkah Flash Card Efektif untuk Bantu Anak Belajar?

7 Pensil Alis Brand Lokal untuk Alis Rapi Memesona

Ini 10 Hal yang Tidak Perlu Dilakukan Wanita Hamil