Home - Kesehatan - Kesehatan / 15 Mei 2019 / Redaksi

Waspada Bahaya Kolesterol pada Anak

Bukan hanya orang dewasa, Si Kecil juga berpotensi mengalami kolesterol tinggi lho, Moms! Yuk, ketahui gejala dan cara menanggulanginya.

Setiap manusia memang memiliki kolesterol di dalam tubuhnya. Kolesterol sendiri memiliki berbagai fungsi, termasuk memproduksi hormon dan vitamin D, serta memproduksi zat untuk proses pencernaan. Ada dua jenis kolesterol, yaitu high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Presentasi kolesterol baik dalam tubuh seharusnya lebih tinggi, sementara kolesterol jahat jumlahnya harus dijaga agar tetap rendah. Jika jumlah kolesterol jahat tinggi, maka bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung dan stroke.




Penyebab Kolesterol Tinggi pada Anak

Umumnya kolesterol tinggi pada anak disebabkan oleh faktor keturunan, pola makan yang tidak sehat dan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemak jenuh secara berlebihan, serta kurangnya aktivitas fisik.

Kadar kolesterol normal pada anak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Berikut ini batasan-batasan kategori tinggi atau tidaknya kolesterol yang harus Moms ketahui: 

• Kolesterol tinggi, ditandai dengan kolesterol total anak 200 mg/dL atau lebih dan kadar kolesterol LDL anak sebesar 130 mg/dL atau lebih.



• Batasan kolesterol tinggi, yaitu kadar kolesterol total anak antara 170-199 mg/dL dan kolesterol LDL antara 110-129 mg/dL. Pada rentang ini, Anda harus waspada karena jika dibiarkan, anak bisa saja mempunyai kadar kolesterol tinggi.

• Kolesterol normal, ditandai dengan kadar kolesterol total anak kurang dari 170 mg/dL dan kadar kolesterol LDL anak kurang dari 110 mg/dL.


Lalu apa-apa saja gejala yang dialami oleh anak jika ia mengalami kolesterol tinggi, dan apa yang harus dilakukan jika Moms mengetahui kondisi Si Kecil ternyata memiliki kolesterol tinggi. Moms bisa baca penjelasannya lebih lengkap di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi Mei-Juni 2019. Dapatkan segera majalahnya dan jangan sampai kehabisan ya, Moms! (Binar Murgati P./ND/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Yang Perlu Diketahui Saat Anak Diopname

Ketahui 5 Jenis Autisme pada Anak

Amankah Memberi Anak Essential Oil? Ini Jawaban Ahlinya

OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019