Mother&Baby Indonesia
Cara Mencegah Kebakaran Akibat Kebocoran Gas

Cara Mencegah Kebakaran Akibat Kebocoran Gas

Kebakaran bisa disebabkan karena faktor manusia, misalnya sambungan kabel terminal T yang terlalu panjang atau banyak, sehingga bisa membuat kabel yang menempel di stop kontak terbakar karena dayanya sudah overload.

Selain itu kebakaran juga bisa terjadi saat Moms sedang memasak di dapur, salah satu penyebabnya karena bocornya gas elpiji.

Sebagai pencegahan kebakaran yang mungkin disebabkan hal tersebut di atas, semua masyarakat wajib berperan aktif dalam mencegah kebakaran. Hal ini diungkapkan oleh Sri Widodo, pengajar di Diklat Kebakaran, dalam acara "Mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana dan cara menghadapi kebakaran" yang diinisiasikan oleh SIAGA, sebuah perusahaan penyedia jasa pelatihan medis beberapa waktu lalu.



“Salah satu bentuk pencegahannya adalah dengan mengikuti pelatihan untuk menangani kebakaran seperti ini,” ujar Dodo, sapaan akrabnya.

Diketahui terdapat ribuan kasus kebakaran yang terjadi di Jakarta yang disebabkan karena listrik dan kompor. Kasus kebakaran yang terjadi di Jakarta pun ia ibaratkan seperti minum obat.

“Data dari kami sehari itu kebakaran terjadi 3 kali, jadi sudah kayak minum obat,” ungkapnya.


Cara Mencegah Kebakaran Akibat Kebocoran Gas

Kebakaran yang diakibatkan oleh kebocoran gas juga kerap terjadi, Moms. Namun bila Anda sudah mengetahui tanda-tanda kebocoran gas di rumah, seperti mendengar suara desis yang berasal dari tabung gas atau mencium bau gas, lalu Moms menganganinya dengan cara yang benar, Anda bisa mencegah terjadinya kebakaran akibat kebocoran gas tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegah kebakaran yang mungkin disebabkan bocornya gas elpiji di rumah, di antaranya adalah:



1. Jangan menyalakan kompor.

2. Jangan menyalakan api.

3. Jangan menghidupkan atau mematikan listrik.

4. Lepas regulator lalu bawa tabung ke tempat yang terbuka.

5. Buka semua pintu, jendela, dan kipaskan gas secara manual.

Mengipaskan gas bocor secara manual adalah hal yang penting dilakukan, apalagi bila tabung gas Anda diletakkan di lemari bawah kompor. “Otomatis di bawah lemari tersebut tentu dipenuhi dengan gas. Karena itu, penting adanya kipas manual, Selama tindakan ini dilaksanakan pasti aman,” kata Dodo.

Hal lain yang perlu Moms perhatikan adalah pastikan dapur Anda terdapat ventilasi dan jangan sampai Moms membiarkan dapur dalam keadaan tertutup. (Vonda Nabilla/ SW/ Dok.Freepik)



Tags: cegah kebakaran,   tips atasi kebocoran gas,   cegah kebakaran di rumah,   kebakaran akibat gas,   tips cega