Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 27 Mei 2019 / Redaksi

5 Tahapan Ampuh untuk Melatih Anak Tidur Sendiri

Moms, Si Kecil sudah beranjak besar. Sudah waktunya bagi ia untuk tidur di kamarnya sendiri. Kalau bicara mengenai kenyamanan tidur, anak pasti akan lebih nyaman jika tidur di dekat Anda, atau setidaknya di satu kamar tidur yang sama dengan Anda. Benar nggak nih, Moms? Sayangnya, kalau anak sudah terbiasa tidur bersama Anda, memintanya tidur di kamarnya sendiri pasti susah.

Ya, memang tidak mudah untuk melatih anak tidur sendiri, namun dengan beberapa langkah yang tepat, Anda pasti bisa membiasakan anak tidur sendiri kok, Moms. Ikuti beberapa cara ampuh di bawah ini yuk!




1. Dimulai dari Tidur Siang

Jika Si Kecil masih tidur siang, biasakan ia tidur siang di ranjangnya sendiri. Dibandingkan tidur malam, Si Kecil akan lebih berani tidur sendirian di siang hari.


2. Beri Kehangatan

“Tidak apa-apa jika Anda mengelus tubuh Si Kecil. Tapi jangan menggendongnya, karena itu akan membuatnya bingung di mana seharusnya ia tidur,” ujar Polly Moore, Ph. D., direktur di Parexel Sleep Research dan penulis buku The 90-Minute Baby Sleep Program.


3. Halo, Kasur Kecil!

Sebagai permulaan, sediakan kasur kecil untuknya di kamar Anda, tentu saja yang terpisah dari ranjang Anda ya, Moms. Pisah ranjang akan membuat Si Kecil berani tidur sendiri namun juga masih merasa aman karena Anda masih berada di dekatnya.




4. Beri ‘Teman’ Kesayangan

Jika Si Kecil punya boneka atau selimut kenyamanan, biarkan ia membawa benda itu bersamanya. Namun jika anak tidak memiliki benda kesayangan atau benda pemberi kenyamanan (dan anak pun tidak ingin memilikinya), maka beri penjelasan mengenai meskipun ia akan di kamar sendirian, Anda tidak akan jauh darinya.


5. Tahapan Efektif

Anda bisa melakukan tahapan berikut:

• Tidurlah bersamanya untuk beberapa hari di kamar Si Kecil.

• Jika ia sudah mulai nyaman dengan kamarnya, temani anak dengan duduk di tepi ranjang sebelum tidur.

• Jika anak sudah bisa tidur nyenyak dengan mudah, Anda bisa menemaninya dengan duduk agar jauh dari tempat tidurnya.

• Saat anak sudah bisa tidur meski Anda tidak di dekatnya (tidur sendiri tanpa Anda temani), maka cobalah mengantarnya tidur hanya sampai di pintu kamarnya. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Enam Kekuatan Mental yang Harus Dimiliki Si Kecil

Mengenal Anak Ambidextrous, Mahir dengan Kedua Tangan

Tips Mengajak Anak Salat Tarawih di Masjid

OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019