Mother&Baby Indonesia
Tips Mengajak Anak Salat Tarawih di Masjid

Tips Mengajak Anak Salat Tarawih di Masjid

Salah satu aktivitas ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan adalah salat tarawih. Umumnya masyarakat melakukan salat sunah ini secara berjemaah di masjid.

Buat Moms dan Dads yang punya balita, biasanya Si Kecil akan minta ikut dengan Anda saat ingin berangkat ke masjid untuk salat tarawih. Ini sebuah aktivitas yang menarik tentunya buat Si Kecil, mengunjungi sebuah tempat yang ramai dengan orang-orang di malam hari untuk melakukan sebuah kegiatan.

Walaupun begitu, mungkin Moms dan Dads masih mengalami dilema, apakah perlu mengajak balita ikutan ke masjid dan salat tarawih, atau tetap ditinggal di rumah bersama dengan anggota keluarga yang lain. Bukan apa-apa, Anda bisa jadi khawatir Si Kecil akan rewel di sana dan malah membuat Anda repot.



Nah, agar semua berjalan lancar bagi Anda dan balita saat melakukan salat tarawih di masjid, berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat Si Kecil ingin ikut bersama Anda.


1. Minta Anak Tidur Siang Dulu

Karena salat tarawih dilakukan pada malam hari dan memakan waktu yang lumayan lama, ada baiknya Moms dan Dads meminta Si Kecil untuk tidur siang terlebih dahulu. Hal ini perlu agar pada malam harinya saat salat ia tidak menjadi rewel karena lelah ataupun mengantuk. Dengan tidur siang, Si Kecil akan masih merasa segar di malam harinya.


2. Makan Malam Terlebih Dulu

Yang juga penting untuk Anda perhatikan adalah kondisi perut Si Kecil. Pastikan ia sudah makan dan merasa kenyang sebelum berangkat ke masjid. Jika tidak, bukan tidak mungkin ia akan jadi rewel karena merasa lapar dan membuat Anda kerepotan.


3. Bawa Perlengkapan

Jangan lupa menyiapkan semua perlengkapan yang perlu dibawa Si Kecil. Tidak hanya peralatan ibadah, tapi juga perlengkapan lain yang bisa membuatnya merasa nyaman selama berada di masjid. Anda bisa membawakannya air minum, kipas angin kecil, atau boneka kesayangannya. Hal ini bisa membantunya menghindari dari kelelahan maupun kebosanan.




4. Berikan Pengertian

Sebelum Anda berangkat bersama balita Anda, tekankan pada Si Kecil bahwa tujuan ke masjid adalah untuk beribadah, bukan untuk bermain-main bersama teman-temannya yang lain yang juga kebetulan ada di sana. Posisikan ia di sebelah Anda, sehingga Anda akan lebih mudah mengawasinya jika suatu saat ia merasa bosan dan melakukan suatu keisengan. Anda juga mesti memberikan contoh sehingga anak akan meniru apa yang Anda lakukan. 


5. Tiba Lebih Awal

Pastikan Anda dan balita tiba lebih awal di masjid. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda berdua peroleh dengan datang lebih cepat ke masjid. Pertama, Anda dan Si Kecil bisa memilih tempat yang nyaman, misalnya di dekat dinding atau pendingin ruangan. Kedua, Suasana masjid yang belum terlalu ramai juga akan membuat mood Si Kecil lebih baik. Selain itu, dengan tiba lebih awal, Anda berdua juga tidak perlu terburu-buru. Kebayang kan, jika Anda datang pas azan dan berebutan tempat dengan jemaah yang lain. Hal ini bisa jadi akan membuat Si Kecil kebingungan yang pada akhirnya ia akan merasa kurang nyaman.


6. Jangan Paksa Anak

Salat tarawih memiliki banyak rakaat yang harus dikerjakan. Bisa saja di tengah salat Si Kecil merasa bosan ataupun lelah. Nah, jika Si Kecil mengalami hal tersebut, Moms dan Dads tidak perlu memaksanya untuk tetap salat. Namun, Anda bisa memintanya untuk beristirahat dan beri pengertian agar tidak beranjak dari tempatnya karena akan mengganggu jemaah yang lain.

Nah, Selamat mengajak Si Kecil salat tarawih ya, Moms dan Dads! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   puasa,   ramadan,   salat tarawih,   mengajak anak salat tarawih