Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 19 Mei 2019 / Redaksi

3 Cara Ajarkan Anak Menentukan Prioritas Sejak Dini

Jika seseorang tidak bisa menentukan prioritas dalam hidupnya, ia biasanya mudah panik, sulit untuk mengambil keputusan, dan tidak bisa menemukan solusi untuk suatu masalah. Itulah mengapa, Si Kecil harus belajar menentukan prioritas sejak dini, agar ia tumbuh menjadi manusia yang berkualitas di masa depan. Ini cara yang Moms bisa ajarkan pada Si Kecil untuk belajar menentukan prioritas.


1. Berani Memilih

Jacob Wallenberg, pemimpin sebuah perusahaan investasi di Swedia yang didirikan pada 1916 mengatakan bahwa ia tumbuh dalam keluarga yang sangat mengutamakan pekerjaan. Ayah dan kakeknya bekerja 7 hari seminggu dan ia tidak ingin seperti itu.



Saat dipercaya untuk meneruskan perusahaan keluarga, Jacob pun memutuskan bekerja keras, namun tidak akan menghabiskan seluruh waktunya untuk bekerja. Karenanya, ia selalu meluangkan waktu untuk berpikir dan memastikan apa saja yang menjadi prioritasnya.

Jika bukan prioritas, ia pun memilih untuk tidak melakukannya. Dengan mengenalkan kisah tersebut kepada Si Kecil secara sederhana, hal ini bisa menjadi langkah untuk membuatnya bisa menentukan prioritas atau hal yang penting dilakukan terlebih dahulu dalam hidupnya.




2. Manajemen Waktu

Penggunaan waktu secara efektif merupakan hal terpenting dalam menentukan prioritas. Brenda Barnes, CEO wanita pertama sebuah perusahaan minuman ringan mengundurkan diri dari pekerjaannya karena merasa tidak memiliki waktu untuk keluarga.

Ia pun menyadari bahwa sumber masalahnya adalah manajemen waktu yang tidak baik. Anda bisa mengajari Si Kecil menggunakan waktu secara efektif dengan membuat jadwal kegiatan yang harus ia lakukan setiap harinya.


3. Tentukan Tujuan

Prioritas seseorang sering terbengkalai, karena ia tidak mengerti tujuan yang ingin dicapai saat melakukan sesuatu. Karenanya sebelum menentukan prioritas, ajak Si Kecil untuk menentukan tujuannya. Misalnya, ia harus tidur lebih cepat di malam hari karena esok paginya ia akan pergi bersama Anda ke taman bermain favoritnya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Trik Membujuk Anak agar Berani ke Dokter Gigi

5 Gaya Asuh yang bisa Menghambat Perkembangan Anak

Cara Jitu Berkomunikasi dengan Si Kecil

OTHER ARTICLES

Efek Vakum pada Ibu Melahirkan

5 Mitos dan Fakta Mengenai Kecerdasan Newborn

Total Body Workout, Olahraga Efektif untuk Para Moms

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak

Tips Menyimpan Buah agar Matang Maksimal