Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 11 Mei 2019 / Redaksi

5 Aktivitas Menarik untuk Anak saat Menunggu Buka Puasa

Moms, apakah tahun ini Si Kecil mulai belajar berpuasa selama sehari penuh? Bagaimana ia terlihat menjalani puasa, semangat atau dipenuhi rasa bosan menunggu waktu berbuka tiba?

Anak-anak biasanya sangat antusias menjalani puasa di awal-awal. Namun, setelah beberapa hari, umumnya mereka merasa bosan menunggu waktu berbuka yang masih lama tiba.

Nah, daripada ia merasa bosan dan Anda sendiri pun kesal karena selalu ditanya, “Ma, bukanya masih lama, enggak?” lebih baik kalau Anda mengajak Si Kecil mengisi waktunya dengan berbagai kegiatan. 



Selain untuk mengusir rasa bosan, hal ini juga efektif untuk menghindarkan anak dari godaan untuk membatalkan puasa. Sayang kan, sudah berpuasa seharian, eh malahan batal hanya karena merasa bosan.

Untuk itu, M&B mau berbagi beberapa aktivitas yang bisa Si Kecil lakukan untuk mengisi waktu senggang sambil menunggu waktu berbuka tiba. Ini dia, Moms!


1. Mengaji Bersama

Bulan Ramadan merupakan waktu paling tepat untuk memperbanyak ibadah dan meraih pahala sebanyak-banyaknya. Salah satu yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan istimewa ini adalah mengaji.

Nah, ini jadi saat yang tepat buat Anda mengajarkan Si Kecil mengaji. Moms bisa menjadwalkan kegiatan ini setiap sore hari beberapa saat sebelum magrib, misalnya. Anda juga bisa lho Moms, memasukkan Si Kecil ke tempat mengaji bersama anak-anak lainnya. Dengan begini, Si Kecil tidak akan lagi merasa bosan, karena ia bisa bertemu dan mengaji bersama teman-temannya.


2. Membaca dan Mendongeng

Membaca juga bisa menjadi pengisi waktu berpuasa dan pengusir rasa bosan. Ajak Si Kecil ke toko buku untuk membeli buku-buku favoritnya. Umumnya, buku-buku yang digemari oleh anak adalah komik, cerita bergambar, petualangan anak, dongeng, dan sebagainya. Membaca buku-buku tersebut bisa membuat Si Kecil asyik sendiri dan melupakan rasa laparnya sejenak.

Jika Si Kecil belum terlalu lancar membaca, Moms bisa mendongengkan cerita tersebut untuknya. Dongengkan sebuah cerita sambil melibatkan anak untuk menirukan suara hewan yang ada di dalam dongeng atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan.




3. Menyiapkan Hidangan Berbuka Puasa

Ini bisa jadi salah satu aktivitas favorit anak sambil menunggu waktu berbuka. Ajak Si Kecil membantu Anda di dapur untuk menyiapkan menu buka puasa hari ini. Buatlah sebuah menu yang unik dan membuat anak tertarik untuk membantu Anda. Biarkan ia menghias makanan tersebut, misalnya, dengan kreasinya sendiri. Namun ingatkan juga ia menahan diri untuk tidak mencicipi makanan tersebut karena belum saatnya berbuka.

Jika Anda tidak punya waktu cukup untuk membuat hidangan berbuka puasa, ajak saja Si Kecil bersama Anda untuk membeli takjil. Ini salah satu keseruan di bulan puasa. Kemeriahan suasana para pedagang yang menjajakan aneka bentuk dan warna makanan untuk berbuka puasa ini pastinya akan menarik hati Si Kecil, Moms.


4. Membuat Mainan Sendiri

Moms bisa mencari di internet, banyak terdapat tutorial cara membuat mainan yang kreatif dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh, misalnya playdough, slime, squishy, dan banyak lagi lainnya. Kegiatan ini bisa memberikan keseruan tersendiri buat anak hingga tiba waktunya berbuka puasa nanti, Moms. Anda bisa membantu Si Kecil mengerjakannya ataupun membiarkannya melakukan semua sendiri dan Anda hanya mengawasi.


5. Menata Rumah 

Aktivitas menata rumah juga bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu saat berpuasa. Merapikan kursi dan meja, merapikan isi lemari, mengubah posisi foto keluarga, mengganti vas bunga, hingga mengganti gorden bisa Anda lakukan bersama Si Kecil.

Namun, yang pelu diperhatikan adalah lakukan pekerjaan yang ringan-ringan saja ya Moms, agar Si Kecil tidak merasa terlalu lelah. Kegiatan ini juga bisa sekaligus sebagai persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri nanti.

Nah Moms, itu beberapa ide kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama balita untuk mengisi waktu sambil menunggu waktu berbuka tiba. Semoga bermanfaat, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

15 Ungkapan Rasa Sayang Ibu untuk Anaknya

5 Cara Mudah agar Anak Tumbuh Tinggi

Trik Jitu Mengajarkan Balita Berpuasa

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda