Mother&Baby Indonesia
Trik agar Balita Tetap Tenang saat Diajak Bertamu

Trik agar Balita Tetap Tenang saat Diajak Bertamu

Mengajak Si Kecil bertamu ke rumah tetangga atau keluarga jauh, menjadi salah satu cara untuk mengajarkannya bersosialisasi dan silaturahmi dengan mereka. Namun, hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri buat Anda ya, Moms.

Bagaimana kalau Si Kecil tiba-tiba mengamuk? Atau berbicara tidak sopan? Hal-hal tersebut mungkin saja bisa terjadi dan membuat waktu berkunjung malah menjadi repot. Untuk menghadapi situasi tersebut, ikuti tips berikut ini ya, Moms.




1. Ajari Bersikap

Sedini mungkin, Anda bisa mengajari ia cara bersikap yang baik saat bertamu. Misalnya, mengucapkan salam atau bersalaman dengan orang lain (tuan rumah), dengan memberi contoh konkret.


2. Siapkan Mainan

Saat bertamu, Anda tentu tidak memiliki kesempatan untuk bermain dengan Si Kecil. Karena itu, siapkan mainan, seperti mobil-mobilan atau buku gambar dan pensil warna yang bisa menemaninya ketika Anda sibuk dengan tuan rumah.




3. Pilih Waktu

Si Kecil belum bisa menahan rasa lapar atau kantuknya. Jadi, jangan ajak ia untuk bertamu di waktu makan atau tidur anak Anda. Sebab, rasa lapar dan kantuk biasanya akan memengaruhi sikap Si Kecil, seperti muncul tantrum dengan memaksa untuk pulang.


4. Mengingatkan Kembali

Sebelumnya, Anda sudah menyampaikan aturan tentang bertamu kepada balita Anda. Namun ketika bertamu, mungkin saja sikap Si Kecil tidak seperti yang Anda harapkan. Jika ini terjadi, bungkukkan tubuh Anda sampai sama tinggi dengan Si Kecil, lalu berbicaralah dengan lembut untuk mengingatkannya, “Adik, ingat tadi yang Ibu katakan?”


5. Beri Hadiah

Jika Si Kecil bersikap manis sesuai dengan harapan, tidak ada salahnya Anda memberinya hadiah jika ia mempertahankan sikap manis itu. Hadiah tersebut akan mengingatkan ia untuk selalu bersikap manis. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak bertamu,   balita bertamu