Mother&Baby Indonesia
5 Langkah Mudah untuk Meningkatkan Imunitas Bayi

5 Langkah Mudah untuk Meningkatkan Imunitas Bayi

Menyedihkan memang jika melihat bayi kita sedang sakit ya, Moms. Rasanya, ingin menggantikan agar kita saja yang sakit, dan bukan Si Kecil. Namun, David Munday, ahli kesehatan dari Community Practitioners and Healthy Visitors mengatakan bahwa sakit adalah cara bagi tubuh bayi untuk membangun sistem imunnya.

“Meskipun begitu, tentunya sakit tidak boleh mengganggu tumbuh kembang Si Kecil. Jadi, tetap saja Anda sebagai orang tua harus membekali tubuh anak dengan sistem pertahanan yang bagus,” kata David Munday. Untuk itu, ada 5 langkah yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk meningkatkan imunitas bayi Anda, Moms.




1. Tidur Siang

Tidur adalah saatnya bagi tubuh untuk mengganti, membangun, dan memperbarui sel dan jaringan tubuh yang terpakai saat tubuh beraktivitas. Pembaruan sel dan jaringan tubuh ini sangat penting untuk sistem imun,” kata David.

“Ritual tidur siang sama pentingnya dengan tidur malam. Perkenalkan rutinitas tidur siang dengan menutup tirai kamar atau membacakan cerita. Kenali juga tanda-tanda Si Kecil mengantuk di siang hari,” kata Tizzie Hall, penulis buku How to Raise a Happy Toddler.


2. Aktifkan dengan ASI

Aktifkan sistem imun bayi Anda dengan pemberian air susu ibu (ASI). ASI sarat dengan antibodi. Dan M&B tidak akan bosan-bosannya mengingatkan pada Moms semua bahwa kolostrum, ASI yang keluar pertama kali saat bayi lahir, mengandung imunoglobulin, zat yang super ampuh untuk melawan kuman.

“Jika Anda dan bayi terpapar kuman tertentu, antibodi untuk melawan kuman itu akan diproduksi oleh tubuh Anda dan dialirkan melalui ASI ke tubuh bayi,” jelas David.


3. Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan adalah senjata rahasia untuk membentuk sistem imun. Sebuah penelitian menemukan bahwa keluarga yang memiliki kucing atau anjing, dan membiarkan anak-anak mereka bermain dengan hewan peliharaan tersebut, memiliki risiko lebih rendah terkena infeksi telinga, batuk, dan pilek.

Para peneliti percaya bahwa kotoran dan alergen dari hewan peliharaan mampu membuat sistem imun bayi lebih cepat matang.




4. Bersih Secukupnya

Menjaga kebersihan adalah baik, namun, kata David, terlalu bersih tidaklah baik. Anda memang harus mencuci tangan setelah membuang ingus, bersin, atau dari toilet. Tapi, bukan berarti Anda harus mensterilkan semua ruangan.

“Bahkan ada baiknya bayi Anda bermain bersama bayi lain di tempat bermain. Tapi jika di tempat bermain sedang terjadi wabah berbahaya, misalnya diare, Si Kecil sebaiknya tidak bermain dulu untuk beberapa waktu,” terang David.


5. Melakukan Imunisasi

“Vaksinasi bekerja untuk menstimulasi sistem imun guna memproduksi antibodi yang bisa melawan penyakit. Vaksinasi melindungi bayi Anda dari penyakit-penyakit mematikan dan berbahaya, seperti MMR, batuk rejan, difteri, polio, tetanus, meningitis, dan campak,” ujar Dr. Martin Ward-Platt. Jadi sudah diimunisasi belum bayi Anda, Moms?


Makanan Peningkat Imunitas Tubuh

Selain kelima hal yang perlu Moms lakukan tersebut, ahli diet klinis anak, Zoe Connor, menyarankan makanan-makanan berikut ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.

• Sayur dan buah beraneka warna. Semakin beragam warna sayuran dan buah yang dimakan Si Kecil, maka semakin bagus untuk daya tahan tubuhnya.

• Daging. Vitamin B12 yang terdapat dalam daging (sapi atau ayam) adalah pembuat sel darah putih yang berfungsi untuk melawan kuman penyakit.

• Probiotik. Yoghurt adalah sumber probiotik yang cocok untuk Si Kecil. Jadi, tidak ada salahnya Moms mulai mengenalkan yohurt pada buah hati Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   imunitas anak,   imunitas bayi