Mother&Baby Indonesia
8 Cara untuk Menenangkan Bayi saat Menangis

8 Cara untuk Menenangkan Bayi saat Menangis

Moms, tangisan bayi tak ubahnya sebuah alarm yang akan memaksa Anda untuk segera menenangkannya. Namun, seringkali ia justru semakin kencang menangis. Hmmm... Bagaimana ini?

Jika bayi menangis dan tercium bau tak sedap dari tubuhnya, Moms pasti sudah tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Benar sekali! mengganti popoknya. Namun jika tidak ada petunjuk seperti itu, sementara bayi terus-menerus menangis, tidak jarang Anda menjadi panik dan bingung karena kesulitan menemukan cara yang tepat untuk membuatnya nyaman.

Untuk mengungkap misteri tangisan Si Kecil, sesungguhnya Moms harus memahami berbagai kemungkinan yang dapat membuat bayi rewel. Perubahan kondisi tubuh karena dampak imunisasi, tumbuh gigi atau kolik akan membuat bayi merasa sangat tidak nyaman.



Alhasil, ia pun akan menangis terus-menerus dan membuat Anda terjaga sepanjang malam. Jika bayi Anda tidak juga berhenti menangis, cobalah untuk menenangkannya dengan beberapa posisi yang disarankan oleh Harvey Karp, MD, kreator film The Happiest Baby on the Block berikut ini. Hal tersebut bisa membuat Si Kecil merasa lebih nyaman, sehingga tangisnya pun berhenti. Berikut tips yang perlu Anda lakukan, Moms.


1. Membedong

Hal ini akan memberikan kenyamanan pada bayi karena terasa hampir sama dengan kondisi di dalam rahim yang sempit. Gunakanlah selimut yang cukup besar saat membedong bayi Anda. Anda dapat membeli kantung tidur yang sudah dilengkapi dengan instruksi penggunaan. Jangan lupa selalu memeriksa kondisi bayi setiap beberapa menit untuk memastikan ia tidak kegerahan.


2. Menggendong di Satu Sisi

Kebanyakan bayi senang digendong di satu sisi karena posisinya sama seperti ketika ia mengambang di dalam rahim. Tengkurapkan ia dengan posisi perut terletak pada lengan Anda, sementara tangan dan kakinya menjuntai bebas.


3. Membisikkan Suara Lembut

Ucapkanlah “Shhh, shhh, shhh” di telinga bayi Anda untuk menirukan suara menenangkan di dalam rahim.




4. Mengayun

Ayunkan bayi ke depan dan belakang secara berulang untuk menciptakan suasana nyaman seperti ia masih di dalam rahim.


5. Menghisap

Memberikan bayi sesuatu yang dapat diisap, seperti payudara, botolo, atau jari Anda, akan mengurangi kegelisahannya saat tubuhnya terasa tidak nyaman.


6. Bersandar di Bahu

Gendong bayi dengan posisi tegak. Posisikan kepalanya di atas bahu Anda menghadap ke belakang. Sandarkan dadanya ke dada Anda, topang lehernya dengan satu tangan, sementara tangan lainnya menopang punggung dan bokongnya.


7. Gendong Setengah Duduk

Jika bayi sudah berusia di atas satu bulan, Anda dapat menggendongnya dengan posisi setengah duduk menghadap ke depan. Gunakan satu tangan untuk menyangga bokongnya dan tangan lainnya untuk memegang dadanya.


8. Gendong Berhadapan

Tahan kepala bayi dengan tangan Anda dan biarkan kakinya bersentuhan dengan bagian dalam siku. Goyang atau ayunkan perlahan. Dengan posisi ini, bayi dapat melihat wajah Anda dan membuatnya merasa nyaman dan aman karena bisa ‘berkomunikasi’ dengan Anda. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi menangis,   menenangkan bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020