Mother&Baby Indonesia
Perlukah Anak Mengikuti General Check-Up?

Perlukah Anak Mengikuti General Check-Up?

Menjaga Si Kecil tetap ceria, cerdas, dan sehat, tentu menjadi prioritas para orang tua. Kami yakin, Anda pasti salah satu dari orang tua tersebut. Nah, untuk memastikan kesehatan Si Kecil terjaga dengan baik, tidak ada salahnya untuk rutin melakukan general check-up anak, Moms.

Beberapa ibu mungkin sering bertanya, “Perlukah membawa Si Kecil general check-up? Jika Anda juga memiliki pertanyaan yang sama, makanya jawabannya: Perlu! Karena ini akan membantu Anda mengetahui kesehatan Si Kecil secara mendalam dan menyeluruh. Ingat, anak yang terlihat sehat, bisa saja mengalami masalah kesehatan yang tidak tampak dari luar lho, Moms.

Apa saja sih pemeriksaan kesehatan yang paling penting? Berikut daftarnya:




1. Pemeriksaan Gigi

Saat gigi pertama anak mulai tumbuh (kira-kira di usia enam bulan), maka Anda pun harus mulai melakukan pemeriksaan gigi untuk Si Kecil. Kemudian pada usia sembilan bulan, pemeriksaan harus dilakukan kembali. Begitu juga saat usia anak Anda menginjak 2 tahun, ketika giginya sudah tumbuh lengkap.


2. Pemeriksaan Telinga

Pemeriksaan ini sangat penting lho, Moms! Karena kesehatan telinga anak tidak boleh disepelekan. Perlu Anda ketahui, jika gangguan pada pendengaran terlambat diketahui, maka akan menyebabkan keterlambatan berbicara dan berbahasa pada anak. 

Pemeriksaan ini pun semakin wajib dan harus dilakukan, jika anak Anda lahir prematur, lahir dengan berat badan rendah, atau mengalami kadar bilirubin tinggi.


3. Pemeriksaan Mata

Saat anak menginjak usia 2,5 sampai dengan 5 tahun, Anda disarankan melakukan pemeriksaan rutin mata anak. Apa sih fungsinya? Ini sangat penting untuk mengetahui apakah anak Anda mengalami gangguan penglihatan dan apakah masalahnya dapat dibantu dengan pemakaian kacamata.




Kapan Harus Check-Up?

Menurut The American Academy of Pediatrics (AAP), direkomendasikan untuk memeriksakan kesehatan anak di usia berikut ini.

Sejak lahir hingga ulang tahun pertama:

Baru lahir, usia 3-5 hari, 1 bulan, 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan (1 tahun).

Sejak ulang tahun pertama sampai usia masuk playgroup:

15 bulan, 18 bulan, 24 bulan, 30 bulan, 3 tahun.

Sedangkan untuk anak usia 4 tahun sampai dengan 21 tahun, hanya dibutuhkan pemeriksaan kesehatan 1 tahun sekali. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: checkup,   kesehatan,   pemeriksaan,   dokter,   anak,   bayi