Mother&Baby Indonesia
Waktu yang Tepat untuk 5 Fase Penting Bayi Anda

Waktu yang Tepat untuk 5 Fase Penting Bayi Anda

Ada beberapa kebiasaan bayi yang sulit dilepaskan dari dirinya, contoh saja: melepas empeng, jadwal tidur berantakan, atau kebiasaan makan disuapi orang tua. Lalu, kapan dong waktu yang tepat untuk menghilangkan semua kebiasaan tersebut? Cari tahu jawaban-jawaban tersebut dari ahlinya yuk, Moms.


Kapan saya harus: Mengatur jadwal tidur rutin?




Bayi mulai bisa mengenali jam tidurnya serta dapat membedakan pagi dan malam saat ia berusia 3-4 bulan. Anda bisa mulai proses pengenalan jadwal tidur tetap pada usia ini, dan biasanya ia akan benar-benar terbiasa dalam waktu 6 minggu. Matikanlah lampu bila waktu tidurnya tiba. Jaga juga agar suasananya tenang. Peluklah bayi Anda agar ia merasa aman dan tenang, hingga tertidur pulas. Cobalah pasang musik klasik (Anda bisa coba Classic for Babies) agar ia dapat mengenali waktu tidurnya, Moms.


Kapan saya harus: Membuang empengnya?


Idealnya, Anda harus menyingkirkan empeng Si Kecil sejak ia berusia 6 bulan, paling lama hingga 1 tahun. “Kebiasaan mengempeng dapat mengganggu pertumbuhan giginya, benda keras yang diisapnya dapat membuat gigi tumbuh maju ke depan. Akibatnya anak Anda kemungkinan harus mengenakan kawat gigi di kemudian hari,” jelas Jo Tanner dari British Dental Association, Inggris.

“Jangan biasakan merendam teether milik bayi Anda ke dalam madu atau jus. Semakin lama giginya terkena yang manis-manis, kesehatan giginya akan semakin sulit tertolong,” tambah Tanner.


Kapan saya harus: Mengganti botol susu dengan training cup?


“Sebaiknya bayi Anda sudah mulai meninggalkan botol susunya pada usia 6 bulan, di saat gerakannya sudah lebih terkoordinasi,” kata Joanne Horrillo dari British Dental Health Foundation. “Jika saat giginya tumbuh ia masih menyusu dari botol, gigi baru tersebut akan ‘dibanjiri’ oleh susu formula dan bisa mengakibatkan gigi akan menjadi busuk,” tambahnya.



Proses penggantian botol menjadi training cup memang tidak bisa terjadi dengan cepat. “Coba biarkan Si Kecil terbiasa dulu dengan training cup-nya. Biarkan ia memegang sendiri dalam keadaan kosong, sampai ia tidak merasa asing lagi dengan benda tersebut. Kemudian coba isi dengan susu (ASI atau sufor) atau dengan air putih. Jika ia menolak, jangan putus asa. Sebagian bayi memang memiliki tingkat adaptasi yang berbeda,” jelas Joanne.


Kapan saya harus: Membiarkan anak makan sendiri?


Bila anak mulai menggapai sendok makannya (biasanya terjadi di usia 6-8 bulan) saat Anda suapi, maka mungkin ia sudah mulai tertarik untuk makan sendiri. Bila tanda-tanda itu sudah mulai terjadi, biarkan saja ia bermain dengan makanannya, asalkan sendok yang dipakai adalah sendok khusus yang sesuai dengan umurnya. Sendok tersebut umumnya terbuat dari bahan plastik yang tidak akan membahayakan gusinya.

Bagaimana dengan makanannya? Pasti berantakan! Tetapi yang harus Anda ingat saat itu ia sedang mempelajari keahlian yang akan berguna baginya nanti. 


Kapan saya harus: Membiarkan anak tidur sendiri?


Menurut Dr. Yvonne Harrison, konsultan dari Pampers Institute, yang terpenting adalah antusiasme anak, umur bukanlah masalah utamanya. “Jika ia sudah mulai memanjat pagar boksnya, artinya ia sudah siap,” ujarnya. Biasanya bayi mulai tidur di tempat tidurnya sendiri saat ia berumur 18 bulan hingga 3 tahun.

"Agar anak tidak terjatuh, pasanglah pagar pengaman khusus di samping tempat tidurnya. Pastikan semuanya aman, dan jangan lupa menyingkirkan benda-benda tajam,” saran Dr. Yvonne. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   tumbuh kembang,   stimulasi,   mandiri,   anak