Home - Kehamilan & Persalinan - Persalinan / 12 April 2019 / Redaksi

Bolehkah Sedot Lemak saat Operasi Caesar?

Mungkin Moms sering mendengar tentang sedot lemak yang dilakukan saat operasi caesar. Banyak yang bilang, inilah momen terbaik untuk sedot lemak, karena mumpung perut ‘terbuka’ sehingga Anda tidak memerlukan pembedahan lebih lanjut lagi.

Meskipun begitu, banyak juga yang mengatakan bahwa proses melahirkan caesar sebaiknya tidak dibarengi sedot lemak atau liposuction. Jadi, sebenarnya, boleh enggak sih sedot lemak saat operasi caesar? Nah, Anda bisa baca penjelasannya berikut ini ya, Moms.

 



Mengenal C-Suction

 

Tidak, Anda tidak salah baca. Sedot lemak saat operasi caesar juga sering disebut C-Suction (singkatan dari C-Section dan liposuction). Mengutip The Bump, C-Suction berarti melakukan dua operasi dalam sekali waktu. Setelah bayi lahir dengan cara C-Section (caesar), maka masuklah dokter bedah untuk melakukan liposuction.

“Proses liposuction itu sendiri menghabiskan waktu 45 menit sampai 2,5 jam,” ujar Daniel Roshan, MD, FACOG, FACS, lektor NYU School of Medicine, pada The Bump.

 

Bolehkah Dilakukan?

Menurut dokter Daniel, pengangkatan lemak sambil operasi caesar ini sebenarnya boleh saja dilakukan, namun biasanya lebih sering dilakukan pada pasien yang sudah tergolong obesitas. “Kandidat yang baik untuk operasi seperti ini adalah orang yang sudah mengalami obesitas atau mereka yang memiliki lemak perut hingga menggelambir dan mengganggu bagian bawah perut. Saya memiliki tiga pasien yang melakukan C-Suction tahun lalu, dan semuanya obesitas,” jelas dokter Daniel pada The Bump.



Namun menurut Larry Fan, MD, dokter bedah plastik dari San Francisco yang sudah melakukan lebih dari 100 liposuction, “Hanya satu atau dua orang pasien saya yang pernah melakukan pengangkatan lemak berbarengan dengan operasi caesar. Jadi, itu tergolong hal yang tidak biasa dilakukan.”

 

Tidak Disarankan

“Ide C-Suction ini mungkin menarik para ibu, karena bisa melakukan sesuatu bersamaan dengan proses melahirkan, sehingga tubuhnya bisa kembali ramping dengan cepat. Namun para dokter bedah plastik tidak menyarankan ini, dan kebanyakan pasien memutuskan untuk menunggu lain waktu untuk bisa melakukan liposuction,” jelas dokter Larry Fan.

Selain tidak disarankan, ternyata hasil liposuction yang dilakukan saat operasi caesar juga tidak sebagus liposuction sendiri lho, Moms. “Beberapa penelitian telah menunjukkan kalau hasil akhir C-Suction tidak sebagus jika liposuction saja,” ujar dokter Karol A. Gutowski, MD, FACS, pakar bedah plastik dari MAE Plastic Surgery dan anggota Patient Safety Committee di American Society of Plastic Surgeons.

Bagaimana, Moms? Masih tertarik untuk mengangkat lemak saat operasi caesar? (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)

share to BBM

 

 


RELATED ARTICLE

Perlu Diwaspadai, Pendarahan saat Melahirkan

Begini Cara Menghitung Kontraksi Jelang Persalinan

Perlukah Mencukur Rambut Kemaluan Sebelum Melahirkan?

OTHER ARTICLES

Tips dari Ahli untuk Mengatasi Masalah Kehamilan (3)

Gaya Keren 5 Celebrity Moms dan Anak Laki-Laki Mereka

Wujudkan Hidup Lebih Baik dengan Kecanggihan Teknologi

Disney On Ice: Pertunjukan Edukatif Nan Sarat Moral

Pentingnya Mengenalkan Budaya Sejak Dini pada Anak