Home - Rekomendasi - Hiburan & Liburan / 12 April 2019 / Redaksi

Pentingnya Bermain untuk Tumbuh Kembang Anak

Banyak hal yang bisa Moms lakukan untuk membantu tumbuh kembang Si Kecil, salah satunya adalah dengan bermain. Menurut Anna Surti Ariani, Psikolog Anak & Keluarga, dengan bermain Moms bisa mengoptimalkan lima aspek tumbuh kembang anak.

Kelima aspek tersebut adalah aspek fisik yang bisa menstimulasi koordinasi motorik kasar dan motorik halusnya; aspek kognitif untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi, daya ingat, dan keluasan wawasan; aspek bahasa untuk menambah kosakata dan meningkatkan kemampuannya berkomunikasi; aspek emosi untuk belajar mengalami semua jenis emosi dan mengendalikannya; serta aspek sosial untuk membuat anak bisa berteman dan bekerjasama.




Selain itu bermain bisa membantu mengembangkan kemampuan otak Si Kecil lebih maksimal sehingga ia akan lebih pintar. Maka, tak heran bila proses belajar pun akan lebih efektif jika bisa dilakukan sambil mereka bermain.

“Kalau bermain itu kan seru. Karena seru jadi sebetulnya otak kita yang memang memproses emosi yaitu sistem limbik itu akan bekerja lebih optimal. Nah, kalau dia bekerja dengan optimal, maka area otak yang lain terutama otak yang memproses pemahaman, pemikiran, dan sebagainya, itu bisa lebih optimal. Jadi kalau kita menikmati sebuah kegiatan kita lebih pintar,” jelas psikolog yang akrab disapa Nina ini.

Di era sekarang yang sudah serba gadget ini, di mana Si Kecil juga sudah mengenal gadget sejak dini, menjadi tantangan bagi para ibu untuk tetap memfasilitasi kegiatan bermain yang bisa menyeimbangi kelima aspek yang dibutuhkan Si Kecil.

Menurut Nina, bila kebiasaan Si Kecil bermain gadget masih dalam level sedang atau masih bisa diajak bermain permainan lain, Moms bisa terapkan batasan padanya. Namun penerapan batasan ini tidak berlaku pada anak-anak yang memang sudah pada level kecanduan bermain gadget.

“Pada anak-anak yang memang sudah di level kecanduan menerapkan batasan tidak bisa dilakukan, melainkan sebaiknya diperiksakan dan ditangani oleh profesional. Tapi bila level yang lainnya itu masih bisa ditangani. Misalnya kita tahan dulu nih pemberian gadget-nya, baru setelah ia main yang lain kita kasih gadget,” ungkapnya.


WONDERFEST, Wadah Permainan Interaktif dan Edukatif untuk Si Kecil

Sebagai referensi kegiatan utama bagi para anak-anak dan keluarga, hadir sebuah festival bertajuk WONDERFEST yang menawarkan berbagai pengalaman bermain interaktif dan edukatif selama masa liburan sekolah nanti.




Menurut Desy Bachir, Co-Chairman WONDERFEST, kegiatan ini didasari atas kurangnya aktivitas atau acara edukatif yang didedikasikan khusus untuk anak dan keluarga, apalagi saat liburan panjang sekolah. “WONDERFEST diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang bisa mendukung lima aspek tumbuh kembang anak yang optimal, serta momen kedekatan (bonding) istimewa bagi seluruh anggota keluarga dari berbagai pengalaman interaktif dan edukatif,” ungkapnya saat Media Gathering WONDERFEST 2019, di kawasan Kebayoran baru, (10/4/2019).

Di festival ini, terdapat beberapa zona yang dapat mendukung lima aspek tumbuh kembang Si Kecil, di antaranya Creative Zone, yang bisa menantang kreativitas dan mengeksplor imajinasinya, seperti belajar menggambar dan membuat DIY, Science Zone untuk Si Kecil yang ingin mencoba hal baru sambil belajar, seperti science experiments, mengasah kemampuan logika, sampai bermain dengan teknologi interaktif.

Ada juga Active Zone untuk anak-anak yang ingin melatih kemampuan fisik sekaligus motoriknya, seperti bermain trampolin, wall climbing, sampai bermain mini soccer/mini golf. Tersedia pula Play Zone, zona untuk Si Kecil yang suka bermain sambil belajar, seperti mandi bola dan ayunan.

Selain zona-zona yang interaktif dan edukatif, nantinya pengunjung juga bisa mengunjungi Wonder Stage yang akan menghadirkan talk show dengan topik-topik seru mengenai parenting, serta Wonder House yang menghadirkan kompetisi serta aktivitas bagi anak-anak, termasuk kompetisi yang diadakan dari sekolah ke sekolah.

Para figur publik seperti Mona Ratuliu, Tyna Kanna Mirdad, dan Vendryana, menyambut baik hadirnya WONDERFEST yang rencananya akan dihelat pada 20-23 Juni 2019, di Jakarta Convention Center. Mereka bahkan berharap bahwa kegiatan ini bisa diadakan rutin setiap tahunnya.

Untuk info lebih lanjut mengenai WONDERFEST 2019 dan pembelian tiket, Moms bisa mengunjungi www.wonderfest.co atau Instagram @wonderfest.co. Jangan sampai terlewat ya, Moms! (Vonda Nabilla/SW/Dok.Freepik, WONDERFEST, M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Bersantap Hidangan Jepang ala Zen

Jadi Pahlawan dalam Petualangan Anak Siaga Hansaplast

Proses Belajar Melek Literasi Budaya Melalui Karya Seni

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda